les kedokteran, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel fk, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel masuk ugm, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, karantina ui, karantina snbt, karantina utbk, bimbel snbt, bimbel karantina

Sejarah Penemuan Sel, Contoh Soal & Pembahasan | Biologi Kelas 11 SMA

sejarah penemuan sel

Halo, Sahabat Kedokteran!

Sejarah penemuan sel adalah kisah yang menarik tentang bagaimana para ilmuwan dan peneliti dari berbagai generasi bekerja keras untuk mengungkap rahasia kehidupan yang tersembunyi di dalam sel-sel mikroskopis. Untuk itu, artikel ini akan membawa kalian semua melalui perjalanan yang menginspirasi ini, menggali jejak penemuan sel yang telah membentuk dasar bagi pemahaman kita tentang biologi.

Jadi, simak sampai habis penjelasan di bawah ini!

Baca juga : biaya les privat

Sejarah Penemuan Sel

bimbel masuk fkui, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran online, bimbel fk, les kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran UGM, bimbel kedokteran UNHAS, bimbel kedokteran UNS, bimbel kedokteran UNAIR, bimbel kedokteran UNSRI, bimbel kedokteran UB, bimbel kedokteran UNSOED, bimbel kedokteran UNDIP, bimbel kedokteran UNPAD

Sumber: Freepik

Sejarah penemuan sel adalah perjalanan yang menginspirasi dari pengamatan awal oleh Hooke hingga pemahaman yang lebih mendalam tentang sel modern. Penemuan ini membentuk dasar bagi cabang-cabang biologi seperti biologi sel, biokimia, dan genetika. Melalui eksplorasi konstan dan penelitian, ilmuwan terus mengungkap rahasia sel, yang menjadi pilar utama dalam pemahaman kita tentang kehidupan dan biologi.

Baca juga : bimbel kedokteran ugm

Sejarah penemuan sel bermula dari masa pra-mikroskop hingga perkembangannya hari ini. Perkembangan ini tentunya terjadi jauh sebelum kita mengenal perkembangan sel hari ini, untuk itu, berikut ini penjelasan selengkapnya agar kalian lebih mudah memahaminya.

Masa Pra-Mikroskop (Abad ke-17 dan sebelumnya)

Sebelum penemuan mikroskop, pandangan tentang kehidupan dan organisme mikroskopis sangat terbatas. Orang-orang percaya bahwa organisme mikroskopis (seperti bakteri) adalah manifestasi dari “kehidupan spontan,” yang muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

Abad ke-17: Mikroskop Pertama

Pada tahun 1590-an, Hans Lippershey dan Zacharias Janssen dari Belanda mengembangkan mikroskop pertama, yang memungkinkan pengamatan objek mikroskopis. Namun, mikroskop ini masih belum cukup kuat untuk mengungkap struktur sel.

Abad ke-17: Penemuan Sel Pertama

Pada tahun 1665, ilmuwan Inggris, Robert Hooke, menggunakan mikroskop untuk memeriksa sepotong kulit kayu. Dia mengamati struktur sel pada materi tersebut dan menggambarkannya sebagai “sel,” mengambil kata dari istilah bahasa Latin “cellula,” yang berarti sel kecil. Hooke adalah orang pertama yang secara resmi mendokumentasikan penemuan sel.

Baca juga :  Redoks dan Elektrokimia : Kimia UTBK

Abad ke-17: Mikroskop Perkembangan

Pada tahun 1674, ilmuwan lain asal Belanda, Antonie van Leeuwenhoek, mengembangkan mikroskop yang lebih kuat. Dia adalah orang pertama yang mengamati organisme mikroskopis seperti bakteri, protozoa, dan spermatozoa manusia.

Abad ke-19: Teori Sel

Pada tahun 1838, Matthias Schleiden (seorang botanis Jerman) dan Theodor Schwann (seorang ahli zoologi Jerman) menyusun Teori Sel, yang menyatakan bahwa sel adalah unit dasar kehidupan dan bahwa semua organisme terbuat dari satu atau lebih sel. Ini adalah tonggak penting dalam sejarah biologi.

Abad ke-19: Pengembangan Mikroskop

Pengembangan mikroskop optik yang semakin canggih memungkinkan ilmuwan seperti Rudolf Virchow (dari Jerman) untuk memperluas penelitian mereka tentang sel dan perkembangan penyakit. Virchow mengemukakan konsep “Omnis cellula e cellula,” yang berarti “Setiap sel berasal dari sel yang sudah ada.”

Abad ke-20: Era Molekuler dan Sel Punca

Penemuan mikroskop elektron pada abad ke-20 memungkinkan penelitian lebih lanjut tentang struktur sel yang lebih halus. Selanjutnya, ilmuwan menggali lebih dalam tentang genetika molekuler dan sel punca, membuka jendela baru dalam pemahaman tentang sel dan kehidupan.

Contoh Soal dan Pembahasan Sejarah Perkembangan Sel

bimbel masuk fkui, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran online, bimbel fk, les kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran UGM, bimbel kedokteran UNHAS, bimbel kedokteran UNS, bimbel kedokteran UNAIR, bimbel kedokteran UNSRI, bimbel kedokteran UB, bimbel kedokteran UNSOED, bimbel kedokteran UNDIP, bimbel kedokteran UNPAD

Sumber: Freepik

Berikut adalah 10 soal pilihan ganda beserta pembahasannya mengenai sejarah perkembangan sel pelajaran biologi kelas 11 SMA untuk kalian lebih mudah mempelajarinya.

Soal 1

Siapakah ilmuwan yang pertama kali mendokumentasikan penemuan sel dan mengambil istilah “sel”?

A. Antonie van Leeuwenhoek
B. Robert Hooke
C. Matthias Schleiden
D. Theodor Schwann

Pembahasan 1: Jawaban yang benar adalah B. Robert Hooke. Robert Hooke adalah ilmuwan Inggris yang pertama kali mendokumentasikan penemuan sel pada tahun 1665.

Soal 2

Siapakah ilmuwan yang bersama-sama menyusun Teori Sel pada abad ke-19?

A. Antonie van Leeuwenhoek dan Robert Hooke
B. Matthias Schleiden dan Theodor Schwann
C. Rudolf Virchow dan Louis Pasteur
D. Charles Darwin dan Gregor Mendel

Baca juga :  Biologi Sel : Biologi UTBK

Pembahasan 2: Jawaban yang benar adalah B. Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Kedua ilmuwan ini menyusun Teori Sel pada tahun 1838.

Soal 3

Apa kontribusi utama Antonie van Leeuwenhoek dalam sejarah penemuan sel?

A. Menemukan sel pertama kali.
B. Mengembangkan mikroskop pertama.
C. Menemukan organisme mikroskopis seperti bakteri.
D. Mengemukakan Teori Sel.

Pembahasan 3: Jawaban yang benar adalah C. Antonie van Leeuwenhoek adalah ilmuwan yang pertama kali mengamati organisme mikroskopis seperti bakteri dan protozoa.

Soal 4

Apa yang dimaksud dengan konsep “Omnis cellula e cellula” yang dikemukakan oleh Rudolf Virchow?

A. Setiap sel berasal dari sel yang sudah ada.
B. Setiap sel adalah unit dasar kehidupan.
C. Setiap organisme terbuat dari satu sel.
D. Setiap sel memiliki inti sel.

Pembahasan 4: Jawaban yang benar adalah A. Konsep “Omnis cellula e cellula” yang dikemukakan oleh Rudolf Virchow berarti “Setiap sel berasal dari sel yang sudah ada.”

Soal 5

bimbel masuk fkui, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran online, bimbel fk, les kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran UGM, bimbel kedokteran UNHAS, bimbel kedokteran UNS, bimbel kedokteran UNAIR, bimbel kedokteran UNSRI, bimbel kedokteran UB, bimbel kedokteran UNSOED, bimbel kedokteran UNDIP, bimbel kedokteran UNPAD

Sumber: Freepik

Apa yang membedakan mikroskop elektron dari mikroskop optik dalam pengamatan sel?

A. Mikroskop elektron dapat mengamati sel hidup.
B. Mikroskop elektron menggunakan sinar cahaya.
C. Mikroskop elektron memiliki resolusi yang lebih rendah.
D. Mikroskop elektron menggunakan elektron untuk menghasilkan gambar.

Pembahasan 5: Jawaban yang benar adalah D. Mikroskop elektron menggunakan elektron untuk menghasilkan gambar dan memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada mikroskop optik.

Soal 6

Apa yang menjadi salah satu kontribusi penting dari penemuan mikroskop dalam sejarah perkembangan sel?

A. Menemukan sel pertama kali.
B. Membuktikan teori evolusi.
C. Mengungkapkan struktur DNA.
D. Memungkinkan pengamatan detail struktur sel.

Pembahasan 6: Jawaban yang benar adalah D. Salah satu kontribusi penting dari penemuan mikroskop adalah memungkinkan pengamatan detail struktur sel.

Baca juga :  Sistem Organ Pada Hewan, Soal & Pembahasan | Biologi 12 SMA

Soal 7

Siapa ilmuwan yang mengembangkan mikroskop pertama yang memungkinkan pengamatan objek mikroskopis?

A. Robert Hooke
B. Matthias Schleiden
C. Antonie van Leeuwenhoek
D. Theodor Schwann

Pembahasan 7: Jawaban yang benar adalah C. Antonie van Leeuwenhoek mengembangkan mikroskop pertama yang memungkinkan pengamatan objek mikroskopis.

Soal 8

Apa yang menjadi fokus utama penelitian Robert Hooke ketika ia mengamati sel pertama kali?
A. Bakteri
B. Kulit kayu
C. Protozoa
D. Sel manusia

Pembahasan 8: Jawaban yang benar adalah B. Robert Hooke mengamati sel pertama kali dalam sepotong kulit kayu.

Soal 9

Apa yang dimaksud dengan istilah “sel punca” dalam konteks biologi sel?

A. Sel yang berasal dari sel lain.
B. Sel yang memiliki inti sel.
C. Sel yang memiliki potensi untuk berubah menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh.
D. Sel yang hanya ditemukan dalam hewan.

Pembahasan 9: Jawaban yang benar adalah C. Sel punca adalah sel yang memiliki potensi untuk berubah menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh dan berperan penting dalam perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh.

Soal 10

Siapakah ilmuwan yang mengemukakan konsep “Teori Sel” bersama dengan konsep “Omnis cellula e cellula”?

A. Robert Hooke
B. Rudolf Virchow
C. Antonie van Leeuwenhoek
D. Theodor Schwann

Pembahasan 10: Jawaban yang benar adalah B. Rudolf Virchow mengemukakan konsep “Teori Sel” bersama dengan konsep “Omnis cellula e cellula” (Setiap sel berasal dari sel yang sudah ada).

Baca juga: Perkembangan Tulang (Osifikasi) | Biologi 11 SMA

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 089628522526. Atau klik www.bimbel-kedokteran.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Bimbel Kedokteran by Latis Supercamp!

 

Referensi:

  1. Kompas
  2. Gramedia

bimbel kedokteran

3 thoughts on “Sejarah Penemuan Sel, Contoh Soal & Pembahasan | Biologi Kelas 11 SMA”

  1. Pingback: Fisiologi: Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan | Biologi SMA – Bimbel Kedokteran UI

  2. Pingback: DNA dan RNA: Pengertian, Contoh Soal dan Pembahasan – Bimbel Kedokteran UI

  3. Pingback: Penurunan Sifat Genetika: Pengertian, Contoh Soal, dan Pembahasan – Bimbel Kedokteran UI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.