Butuh Les Privat SNBT Nih, Enaknya Dimana Ya?

Les privat SNBT

Aduh, udah masuk 2023 nih. Selain berjuang untuk UN, jalan juga masih panjang untuk menempuh yang namanya SNBT. Dulu terkenal dengan SBMPTN, tapi sekarang namanya sudah berubah termasuk juga ketentuan dan lainnya. Daripada pusing mencari tau ini dan itu, apakah tidak ada les privat SNBT ? Bayangkan dong berapa banyak waktu yang harus disiapkan untuk UN dan ditambah masih harus mencari tau, cari soal, dan menerka jawaban untuk SNBT?

Les Privat SNBT Membantu Untuk Sat Set Das Des!

les privat SNBT
sumber Freepik

Hm, tunggu bentar deh! Kalian harus paham dulu keruwetan SNBT ini ya dan mengapa kok disarankan banget untuk ikut les privat SNBT. Jadi, materi dalam UTBK SNBT mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Kemudian kita bahas soal durasinya. Selama UTBK SNBT, siswa atau calon peserta wajib mengerjakan tiga materi ujian dengan jumlah 160 soal, dan dikerjakan para peserta dalam waktu kurang lebih 195 menit. Oke, itu artinya kalian punya dua jam lebih untuk mengeksekusi 160 soal tadi ya!

Contohnya, materi TPS punya 4 subkomponen tes yang masing-masing komponen dikerjakan dalam waktu kurang lebih 25 menit. Hm, masalahnya emang ini pilihan ganda? Kita cekidot dulu satu per satu deh ya!

a. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Kita mulai yang pertama yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS). tes ini punya 4 komponen.

Kemampuan Penalaran Umum

Komponen ini menguji kemampuan kalian untuk secara terarah dan terkendali lewat prosedur-prosedur untuk memecahkan masalah-masalah baru yang nggak bisa diselesaikan hanya dengan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipelajari sebelumnya. Artinya apa? kalo ga konsen ga bisa deh mengerjakan ini. Ditambah lagi kalo kalian ga pernah dikasi masalah sama Tuhan. Hehehe.

Baca juga :  Sejarah lahirnya Ilmu Kedokteran

Komponen ini punya 3 sub-komponen, yaitu penalaran induktif, penalaran deduktif, dan penalaran kuantitatif.

– Pemahaman Bacaan dan Menulis

Di bagian ini terdiri dari kemampuan dasar membaca, kelancaran membaca, serta keterampilan menulis. Nulis yak! Bukan menyilang atau norek-ngorek kertas. Dijamin memakan waktu banget nih!

– Pemahaman umum

Pada bagian yang satu ini kalian dipaksa untuk bisa memahami serta mengkomunikasikan pengetahuan yang dipahami di lingkungan budaya Indonesia. Buat kalian yang ga suka nonton berita alias sealu drakoran doang, ya gimana lagi solusinya kalo ga ikutan les privat SNBT?

– Pemahaman Bahasa

Ini juga termasuk keterampilan dalam berbahasa, menggunakan kata, dan keluasan serta kedalaman pengetahuan umum.

b. Pengetahuan Kuantitatif

Tadi kita membahas soal TPS, sekarang beralih ke tes selanjutnya yaitu Pengetahuan Kuantitatif. Di sini kalian diarahkan untuk mengetahui kedalaman dan luasnya pengetahuan kalian terkait matematika, kemampuan untuk menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka. Hm, kalau tidak salah nih jumlah soalnya ada 20 dan harus selesai dalam 15 menit. Ups! Budrek dan sakit kepala ga tuh?

c. Tes Literasi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Sehari-hari cuma scroll IG, baca chat WA, selebihnya nonton, dengerin musik, gitu keseharian kita ya bestie. Lalu gimana mau bisa mengerjakan Tes Literasi Bahasa Indonesia dan tes Literasi Bahasa Inggris di SNPMB 2023 ini? Apalagi tes ini berfokus pada Literasi Membaca (Reading Literacy).

Dalam literasi membaca, kalian akan diukur kemampuan dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan, dan berinteraksi secara aktif dan berkelanjutan (engage) lewat teks dengan arah untuk mencapai tujuan, mengembangkan pengetahuan dan potensi, serta berpartisipasi dalam masyarakat. Tepok jidat deh! Apa kabar sama Webtoon? apa ini termasuk bacaan?

Baca juga :   Jaringan dan Organ Tubuh Manusia | Biologi Saintek SIMAK UI

Literasi Membaca ini merupakan suatu proses aktif membangun makna seluruh bacaan berdasarkan interaksi antara pembaca, dalam hal ini calon peserta UTBK SNBT 2023 dan teks.

Untuk mengonstruksi makna seluruh bacaan, diperlukan penalaran dan pengetahuan strategi membaca yang efektif. Jadi bukan bacaan santai macem Webtoon dan kawan-kawannya. Ga akan keluar tuh pertanyaan terbit setiap hari apa sih webtoon ini?

– Literasi dalam Bahasa Indonesia

Jumlah soal: 20 soal dikerjakan dalam waktu 45 menit . Yang dibahas antara lain:

  • Kompetensi Kebahasaan
  • Strategi Kognitif

– Literasi dalam Bahasa Inggris 

Jumlah soal: 20 soal dikerjakan dalam waktu 45 menit. Kurang lebih mirip dengan bahasa Indonesia ya! Kalian harus siap pokoknya!

d. Penalaran Matematika

Dari dokumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2022 mengenai numerasi, penalaran matematika didefinisikan sebagai cara siswa untuk melakukan penalaran secara matematis. Wah sulit banget memahaminya ya!

Maksudnya kalian diminta merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan permasalahan atau informasi yang melibatkan aspek kuantitatif.

Jangan lupa juga untuk terus memantengin beberapa akun media sosial resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang ditunjuk sebagai penyelenggara seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023.

So, Kenapa Saya Butuh Les Privat SNBT ?

les privat SNBT
sumber freepik

Setelah rangkaian penjelasan yang diberikan, kira-kira kalian merasa ga kalo kalian kesulitan nantinya untuk bersaing di SNBT 2023?

Banyak alasan selain dari diri kalian sendiri. Contohnya mau nonton berita supaya tau perkembangan, eh malah si emak nonton Ikatan Cinta melulu. Belum lagi gantian sama adik nonton Titipo.

Mau baca buku keburu ngantuk. Ujung-ujungnya ke coffee shop dan lama-lama bikin bokek. Udahlah kayaknya emang paling mantep ikutan les aja deh. Semua sudah terarah dan kalian tidak perlu pontang panting mencari tau kesana kemari mengenai soal-soal yang sebaiknya dikerjakan. Yuk semangat yuk dan kalian bisa tetep nonton drakor favorit atau baca komik favorit di sela-sela aktivitas les kalian tentunya!

Baca juga :  Mengenal Pengertian dan Cara Meraih Predikat Cumlaude

Gimana? udah tau kira-kira masalah bimbel SNBT mau dimana? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan karantina UTBK. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian!

1. Hi.grid.com

2. BPPP

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.