bimbel kedokteran terbaik

Fakultas Kedokteran Negeri Terbaik di Indonesia

Bicara soal fakultas kedokteran negeri terbaik di Indonesia tentunya tidak lepas dari berbagai kacamata. Seperti yang kalian telah pahami sejauh ini, ada begitu banyak lembaga riset yang melakukan penelitian. Itulah sebabnya setiap instansi atau reporter akan memiliki hasil yang beragam. ‘

Seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkenal akan persaingannya yang ketat dengan jumlah peminat yang tinggi. Utamanya di jurusan Kedokteran. Persepsi masyarakat bahwa dokter adalah pekerjaan paling bergengsi membuat setiap orang berupaya meraih prestige itu.

Daftar Fakultas Kedokteran Negeri terbaik di Indonesia Berdasarkan SNMPTN dan Jumlah Peminat

Fakultas kedokteran negeri terbaik di Indonesia
Sumber Freepik

Kali ini kita akan menjabarkan 8 Fakultas kedokteran negeri terbaik di Indonesia dan jumlah daya tampung berdasarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. Mereka adalah:

1. Universitas Indonesia

Kampus ini memiliki daya tampung SNMPTN 2022 sejumlah 36. Sedikit sekali memang, padahal peminat SNMPTN di tahun 2021 bahkan mencapai 1.189. Sedangkan di tahun ini daya tampung SBMPTN menjadi lebih banyak yakni 54 dengan peminat SBMPTN berjumlah 2.750 orang.

2. Universitas Airlangga

Kampus bergengsi ini memiliki Daya tampung SNMPTN 2022 sejumlah 54 dengan peminat SNMPTN 2021: 1.158. Sedangkan daya tampung SBMPTN 2022 adalah 75 dengan peminat SBMPTN 2021: 2.241. Selisih sedikit banget dengan UI ya kan?

3. Universitas Gadjah Mada

Memiliki daya tampung SNMPTN 2022 sebanyak 53 dengan peminat SNMPTN 2021 sejumlah 1.588. Adapun daya tampung SBMPTN 2022 adalah 52 dengan peminat SBMPTN 2021 sejumlah 3.666. Benar-benar jumlah peminat yang membludak di fakultas kedokteran.

4. Universitas Hasanuddin

Daya tampung SNMPTN 2022 di sini adalah 50 dengan peminat SNMPTN 2021 sejumlah 1.854. Adapun daya tampung SBMPTN 2022 cukup banyak yaitu 100 dengan peminat SBMPTN 2021 yang tak kalah banyak dari UGM yaitu 3.374. Tidak heran jika Unhas masuk ke salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia.

5. Universitas Sebelas Maret

Beranjak ke Solo, universitas ini memiliki daya tampung SNMPTN 2022 sebanyak 45 dengan peminat SNMPTN 2021 sejumlah 1.694.

Adapun daya tampung SBMPTN 2022 yaitu 77 dengan peminat SBMPTN 2021 sejumlah 2.980.

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia
6. Universitas Brawijaya

Kampus ini memiliki daya tampung SNMPTN 2022 sebanyak 54 dengan total peminat SNMPTN 2021 adalah 1.779. Sedangkan daya tampung SBMPTN tahun ini berjumlah 83 dengan peminat SBMPTN 2021 yang tidak kaleng-kaleng sebanyak 3.525.

7. Universitas Diponegoro

Daya tampung SNMPTN 2022 di kampus ini tidak banyak yaitu hanya 47 saja. Padahal peminat SNMPTN 2021 adalah 1.464. Daya tampung SBMPTN 2022 sejumlah 66 dengan peminat SBMPTN 2021 yang cukup fantastis yaitu 2.583.

8. Universitas Padjadjaran

Daya tampung SNMPTN di UNPAD 2022 adalah 52 sedangkan peminat SNMPTN 2021 hanya 1.999. Daya tampung SBMPTN 2022 hanya 78 dengan peminat SBMPTN 2021 yang membludak 3.088.

Daftar Fakultas Kedokteran Negeri terbaik di Indonesia Versi Times Higher Education Asia University 2022.

Fakultas kedokteran negeri terbaik di Indonesia
Sumber Bimbel Kedokteran

Indonesia memiliki kampus dengan jurusan kedokteran yang masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education Asia University Rankings 2022.

Ranking tersebut berdasarkan pada semua misi inti terkait pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional. Cekidot!

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat global: 201-250

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas yang diminati banyak calon mahasiswa. UI memiliki kampus di Depok dan di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Di universitas negeri ini terdapat jurusan kedokteran yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Mata Kuliah yang akan dipelajari pada program studi ini di antaranya Empati Bio Etik Profesionalisme dan Human, Tumbuh Kembang, Kulit dan Jaringan Penunjang, dan Reproduksi.

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Peringkat global: 351-400

Dua kampus ternama di Jawa Barat, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjajaran masuk 9 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik se Indonesia. UPI dan Unpad masuk daftar kampus terbaik dengan kategori program studi Kedokteran Umum dan Gigi.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat global: 401-500

Program studi kedokteran di Universitas Airlangga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Bahkan di tiga jenjang kuliah, yakni S1, S2, dan S3 prodi Kedokteran ini terakreditasi A oleh BAN-PT.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di Prodi Kedokteran Unair di antaranya Biologi Molekuler, Imunologi Dasar, Dasar Pertolongan Darurat, dan Otopsi Klinik.

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia
4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat global: 401-500

Universitas negeri yang berada di kota Yogyakarta ini memiliki prgram studi kedokteran. Prodi kedokteran di UGM menjadi salah satu prodi populer yang berada dalam rumpun ilmu saintek, dan telah mendapatkan akreditasi A oleh oleh BAN-PT.

Beberapa mata kuliah yang ada di prodi kedokteran di UGM ialah Prinsip Biomedik, Sistem Pernafasan, Sistem Saluran Kemih, Kedokteran Komunitas.

Universitas Gadjah Mada menempati posisi ke lebih dari 1.201 sebagai universitas terbaik di dunia versi The Times Higher Education.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Peringkat global: 401-500

Apabila kamu ingin meneruskan studi di jurusan kedokteran yang ada di Makassar, Universitas Hasanuddin adalah pilihan paling tepat. Kampus ini sudah menyandang predikat A pada jurusan kedokterannya.

Oleh karena itu, persaingan untuk bisa diterima sebagai salah satu mahasiswa jurusan kedokteran Unhas pun cukup ketat. Selain itu, jurusan kedokteran di Unhas juga merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diminati ketika SBMPTN 2019.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Peringkat global: 401-500

Kampus yang terkenal di Kota Solo ini memiliki jurusan kedokteran yang alumninya sudah sukses dan tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin menjadi dokter profesional, kamu bisa langsung mendaftar jurusan tersebut di Fakultas Kedokteran UNS.

Tidak perlu khawatir, fakultas kedokteran di UNS sudah mendapatkan akreditasi A. Di fakultas tersebut juga terdapat jurusan psikologi saintek sebagai bahan pertimbangan apabila kamu tertarik menjadi seorang psikolog.

7. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat global: 501+

Jurusan kedokteran di Kota Malang bisa kamu dapatkan dengan mendaftar di Universitas Brawijaya. Kampus ini pernah menduduki peringkat paling atas pada kategori pendaftar terbanyak pada saat seleksi SBMPTN tahun 2019.

8. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat global: 501+

Meneruskan studi pendidikan dokter di Semarang adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Fakultas Kedokteran UNDIP sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT pada tahun 2017.

Mahasiswa yang sedang menempuh jurusan pendidikan dokter di UNDIP tidak hanya mendapatkan bekal teori saja, tetapi juga kesempatan untuk praktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus.

Persipakan diri dengan baik karena kuota mahasiswa jurusan kedokteran UNDIP juga tidak terlalu banyak, sehingga persaingan akan semakin ketat.

Baca juga :  Universitas Fakultas Kedokteran Termurah
9. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat global: 501+

Kampus-kampus di Bandung memang cukup banyak peminat, tidak terkecuali Universitas Padjadjaran. Persaingan untuk bisa diterima di jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A di UNPAD pun terbilang sangat ketat.

Jurusan kedokteran di UNPAD memiliki banyak peminat, mirip seperti jurusan manajemen yang jumlah pendaftarnya mencapai ribuan orang setiap tahun.

10. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Peringkat global: Reporter

Satu-satunya universitas swasta yang masuk dalam ranking benar-benar sebuah pencapaian luar biasa ya kan? Kalau kalian mau melanjutkan ke universitas ini, ada berbagai pilihan jurusan yaitu;

– Jurusan Pendidikan Dokter.

» Program Studi S1 Pendidikan Dokter. » Profesi Pendidikan Dokter.

– Jurusan Farmasi.

» Program Studi Sarjana Farmasi.

» Program Studi Profesi Apoteker.

– Jurusan Kebidanan.

» S1 – Kebidanan. 

– Program Pendidikan Dokter Spesialis.

» Anestesiologi dan Terapi Intensif.

Berlokasi di Salatiga, biaya hidup di sekitaran kampus masih terbilang normal. Jadi tidak ada salahnya kalau kalian mencoba menggapai mimpi di sini. Apalagi kampus ini juga tidak kaleng-kaleng kalau soal praktik lho. Ia telah banyak bekerjasama dengan klinik dan fasilitas kesehatan lainnya.

11. Universitas Sumatera Utara (USU)

Peringkat global: Reporter

Jauh jauh kita ke Sumatera. Di USU yang masuk sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, ternyata ada varian jurusan mendalam yang mungkin sulit ditemukan di daerah lain. Apa saja?

– Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (A)

– Ilmu Kesehatan Mata (B)

– Bedah Orthopaedi & Traumatologi (A)

– Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher (A)

– Anestesiologi dan Terapi Intensif (A)

– Dermatologi dan Venereologi (A)

– Ilmu Bedah Saraf (A)

– Ilmu Penyakit Dalam (A)

Kurang bagus gimana coba? Sudah a lho akreditasinya!

Gimana? Bagus banget kan kampusnya ? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian.

Fakultas kedokteran universitas Diponegoro

Referensi:

  1. kompas.com
  2. detiknews.com
  3. fk.usu.ac.id
  4. fk.uksw.ac.id
  5. fk.unpad.ac.id
  6. fk.upi.ac.id
Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.