bimbel kedokteran terbaik

Fakultas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia

Selamat pagi sahabat Latis! Bagaimana kabar kalian? Kalau kalian cukup insecure dengan universitas negeri, sebenarnya tidak ada salahnya mencoba ke swasta lho! Tidak selalu swasta itu kalah saing dengan negeri. Makanya kali ini mimin akan bagikan informasi terkait Fakultas Kedokteran swasta terbaik di Indonesia. Jangan lupa disimak dan dicatat ya yang mana nih yang sesuai sama kalian dan tentunya terjangkau jarak dan budgetnya!

Fakultas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia

Fakultas Kedokteran swasta terbaik di Indonesia
sumber Freepik

Universitas swasta terkadang memiliki fasilitas yang lebih unggul dari pada universitas negeri sekali pun. Tenaga pendidiknya juga tidak kalah profesional lho sebenarnya. Kok bisa gitu ya? Hm.. karena mereka lebih leluasa mengelola dan mengatur kampus mereka, bukan begitu?

Biasanya universitas swasta dijadikan pilihan apabila tidak lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Nah, bagi kalian yang berkeinginan untuk menjadi seorang dokter, banyak jalan menuju roma. Inilah daftarnya!

  1. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan menjadi salah satu universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang didirikan pada tahun 2001. Memang bukan angka yang bersejarah sih, namun Fakultas Kedokteran UPH sudah memiliki relasi baik itu di ranah nasional maupun internasional.

Salah satu fakultas unggulan di UPH ini juga mempunyai rumah sakit yang bernama Rumah Sakit Umum Siloam di Lippo Village. Kalian cemas dengan akreditasinya? fakultas ini sudah memiliki akreditai A dari BAN PT. Jurusan Kedokteran Universitas Pelita Harapan bisa kalian pilih karena memiliki kualitas yang sangat baik.

Jangan khawatir kalah saing dengan mereka yang lulusan negeri deh! Dijamin juga kalian bisa unggul.

2.  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Dari Jakarta kita beralih ke Yogyakarta yuk! Selain populer dengan sebutan kota pendidikan karena banyaknya universitas yang dimiliki, kota ini ternyata juga memiliki fakultas kedokteran yang mumpuni banget.

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia selanjutnya yaitu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya lahir pada tahun 1967. Sedangkan Universitasnya sendiri didirikan pada tahun 1960. Nah kalau dari sisi sejarah, berarti cukup dapat mengukir sejarah, ya kan?

Baca juga :  Total Biaya Kuliah Kedokteran Sampai Lulus

Fakultas Kedokterannya mempunyai rumah sakit sendiri, lho. Rumah Sakit Atma Jaya mulai beroperasi pada 1976. Mahasiswanya melakukan kegiatan belajar mengajar di Kampus Pluit yang mana berada di satu lokasi dengan Rumah Sakit tersebut. Hm, ini maksudnya adalah Atma Jaya ada juga di kota lain yak!

3. Universitas Katolik Widya Mandala

Universitas Katolik Widya Mandala atau UKWM merupakan salah satu universitas swasta yang mempunyai Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. UKWM telah terakreditasi A oleh AIPT.

Sebab itulah tidak mengherankan jika program studi yang ada di universitas ini terakreditasi dengan nilai yang bagus. Sedangkan Fakultas Kedokteran UKWM sendiri mempunyai 21 departemen preklinik dan klinik yang berfungsi untuk mendukung proses belajar mengajar. Ini namanya benar-benar difasilitasi ya kan? Mau praktek juga gampang!

4. Universitas Tarumanegara

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Tarumanegara. Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini terletak di Jakarta dan membuka jurusan pada 1 Oktober 1965.

Kurikulum program studi Pendidikan Dokter Universitas Tarumanegara disusun berdasarkan pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan di Indonesia. Jadi sudah pasti lulusan Untar tidak diragukan lagi kualitasnya sehingga memiliki prospek kerja yang cukup luas.

5. Universitas Islam Indonesia

Kembali ke Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia terletak di wilayah Sleman, Yogyakarta. Meskipun menjadi salah satu universitas yang terkemuka di Indonesia, namun UII tetap mengedepankan nasionalisme yang tetap berlandaskan nilai Islam.

UII merupakan universitas yang cukup tua yakni berdiri pada bulan Juli 1945. Sementara itu, program studi pendidikan dokter diresmikan pada tahun 2001 dan memiliki akreditasi A oleh BAN PT. Mahasiswa kedokteran UII juga memperoleh pembelajaran di rumah sakit mitra UII. Saat ini universitas ini sudah memiliki rumah sakit sendiri lho di daerah Bantul dan ada juga Jogja International Hospital yang menjadi mitra kampus ini. Waw, sekelas internasional kalian masih ragu aja nih?

6. Universitas Kristen Duta Wacana

Salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta ini juga memiliki program studi pendidikan dokter. UKDW memperoleh banyak penghargaan sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi.

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Meskipun tergolong baru yakni didirikan pada tahun 2009, program studi pendidikan dokter sudah mendapat akreditasi B dari BAN PT. Fakultas Kedokteran UKDW menghasilkan lebih dari 107 dokter dan sudah bekerja di berbagai penjuru Indonesia. Muda bukan berarti minim pengalaman ya! Mereka yang menjadi mahasiswa di universitas dengan jurusan ini juga dituntut memiliki jam terbang yang tinggi.

7. Universitas Trisakti

Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia selanjutnya yaitu Universitas Trisakti. Kembali ke Jakarta, Universitas ini didirikan pada 29 November 1965 oleh Pemerintah Republik Indonesia. Nama Trisakti sendiri diberikan oleh bapak proklamator Indonesia.

Universitas Trisakti sendiri memperoleh akreditasi A oleh BAN PT. Sementara itu, jurusan kedokteran Universitas Trisakti juga berkualitas baik dibuktikan dengan lulusannya yang berkompeten. Bukan hanya terkenal dengan organisasinya, namun akademik para lulusannya juga peru diacungi jempol.

8. Universitas Yarsi

Universitas Yarsi terletak di Jl. Letjen Suprapto, Jakarta. Fakultas Kedokterannya sudah terakreditasi A pada tahun 2014 lho. Universitas swasta ini juga mempunyai 2 program studi untuk jenjang sarjana dan 2 program studi untuk profesi.

Fasilitas yang dimiliki jurusan kedokterannya juga cukup lengkap seperti klinik, laboratorium, RSU Yarsi, RSGM Yarsi, dan lain sebagainya. Dengan fasilitas penunjang tersebut pastinya membuat mahasiswa semakin memiliki kemampuan di bidang kedokteran. Tidak sedikit yang belum pernah mendengar nama Yarsi apalagi mereka yang sering menggunakan jasa laboratoriumnya.

9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Setelah daritadi kalian mendapat informasi mengenai fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia namun mayoritas adalah Universitas Katolik, kali ini kita akan memaparkan salah satu universitas Islam kembali. Universitas swasta jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang cukup rekomendasikan berikutnya yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY mempunyai program studi pendidikan dokter dan profesi dokter.

Jadi jika kalian ingin menjadi seorang dokter, maka kamu harus menempuh sarjana pendidikan dokter dan juga profesi dokter. Dengan berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), kalian akan mendapatkan fasilitas yang menunjang perkuliahan seperti laboratorium dan ruang CNT. Fasilitas tersebut akan membantu mahasiswa dalam mempelajari ilmu kedokteran sehingga bisa menjadi dokter tentunya. Dengan fasilitas terutama arsitektur yang cukup WOW, tidak perlu dibahas lagi berapa biaya yang harus dihabiskan kan?

Baca juga :  5 Gaji Seorang Dokter di Indonesia
10. Universitas Kristen Maranatha

Kita jalan-jalan ke Bandung yuk! Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha merupakan FK Swasta pertama di Bandung. Pendidikan di kampus ini didukung oleh banyak dokter yang menjadi dosen bagi para mahasiswanya. Untuk Program Studi Pendidikan Dokternya sendiri, lebih berfokus di bidang herbal medik dan gizi.

Namun jangan salah, buat kalian yang mau menjadi psikolog juga bisa lho daftar di kampus ini. Semua cukup mendukung apalagi biaya hidup di sini terbilang tidak terlalu mahal.

Kisran Biaya Kuliah Di Fakultas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia

Fakultas Kedokteran swasta terbaik di Indonesia
sumber Freepik

Berikut ini adalah estimasi biaya yang perlu kalian siapkan jika masuk di fakultas kedokteran swasta terbaik.

  1. Universitas Pelita Harapan : Biaya kuliah di jurusan kedokteran UPH yakni mencapai Rp 892 juta.
  2. Universitas Trisakti : Sumbangan Pengembangan: Rp 350 juta (hanya dibayarkan pada semester pertama), Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Pokok: Rp 25,5 juta (dibayarkan tiap semester), Biaya SKS: Rp 350 ribu per mata kuliah (dibayarkan tiap semester), Biaya Praktikum: Rp 50 juta (dibayarkan tiap praktikum)
  3. Universitas Yarsi :Biaya kuliah jurusan kedokteran Universitas Yarsi berbeda tiap semesternya, adapun biaya total dari semester 1 sampai 8 yaitu mencapai Rp 761,25 juta.
  4. Universitas Islam Indonesia : Kisaran biaya studi di Fakultas Kedokteran UII sekitar Rp 391,6 juta.
  5. Universitas Tarumanegara : Biaya kuliah Kedokteran di Untar mencapai Rp 283,5 juta selama 7 semester di luar biaya SPP yang dibayarkan satu kali ketika masuk sebesar Rp 350 juta.
  6. Universitas Kristen Maranatha :Biaya kuliah di awal semester masuk normal di FK Maranatha mencapai sekitar Rp 303 juta.
  7. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta :Dikutip dari situs resmi kampus, total biaya kuliah Fakultas Kedokteran UMY Rp 440,79 juta.

Gimana? Bagus banget kan kampusnya ? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian.

Referensi:

  1. edukasi.sindonews.com
  2. detik.com

Fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.