bimbel kedokteran terbaik

6 Prospek Kerja Setelah Lulus dari Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan favorite pada penerimaan mahasiswa baru diberbagai perguruan tinggi tiap tahunnya. Apalagi melihat prospek kerja hingga gaji yang didapat membuat jurusan ini sangat diminati.

Ditambah kebutuhan dokter dari tahun ke tahun terus meningkat seiring pesatnya laju pertambahan jumlah penduduk. Selain itu adanya pandemi akan membuat dokter sangat dicari untuk mengatasi penyakit masyarakat saat ini.

Kedokteran adalah cabang dari ilmu kesehatan yang mempelajari tentang mempertahankan kesehatan serta keselamatan nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya. Jurusan yang satu ini nantinya akan mempelajari seputar sistem tubuh manusia, hingga penyakit, cara pengobatan, dan penerapannya.

Berdasarkan Peraturan Konsul Kedokteran Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, hanya lulusan IPA yang bisa mengikuti menempuh pendidikan Kedokteran.

Ada beberapa prospek pekerjaan kedokteran yang bisa kalian ambil. Tentunya beberapa pekerjaan ini akan terus dicari mengingat banyaknya kebutuhan akan kesehatan masyarakat saat ini, apa saja:

1) Dokter

Profesi dokter mungkin bisa dibilang adalah profesi impian banyak orang. Meskipun dikenal memiliki pekerjaan yang berat dan harus menempuh pendidikan yang terbilang lama, profesi dokter hingga kini masih menjanjikan. Umumnya, seorang dokter bertugas untuk melakukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan medis pada pasien dengan pengetahuan medis dan rasa kemanusiaan. Dokter juga melayani konsultasi kesehatan, jadi profesi ini tidak hanya selalu berkutat dengan urusan orang sakit saja.

2) Administrasi Medis

Selain membuka praktik, lulusan Kedokteran juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan pelayanan medis maupun non-medis. Pelayanan non-medis ini mencakup bagian administrasi medis di mana bagian ini juga tidak kalah penting dari seorang profesi dokter. Seorang bagian administrasi akan bekerja melayani pasien yang datang ke loket administrasi sesuai sub bagian atau divisi rumah sakit. Selanjutnya, bagian administrasi akan menjembatani komunikasi serta kebutuhan pasien terhadap dokter ataupun perawat.

Baca juga :  Mengenal 10 Mata Kuliah di Jurusan Kedokteran

3) Ahli Gizi (Nutritionist)

Seorang lulusan Jurusan Kedokteran nyatanya juga bisa menjadi seorang Ahli Gizi. Merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan, Ahli Gizi bertugas mengupayakan pemeliharaan dan perbaikan gizi masyarakat. Ahli gizi memberikan panduan dan mengontrol gizi di rumah sakit, puskesmas, perusahaan, sekolah, atau lembaga lainnya. Ahli gizi perlu untuk mengambil lisensi tambahan setelah memperoleh ijazah pendidikan gizi. Setidaknya ada dua jenis ahli gizi profesional, yaitu ahli gizi dan ahli gizi madya.

4) Ahli Diet (Dietitian)

Jika kamu tidak ingin menjadi seorang dokter, kamu mungkin bisa mengeluti profesi sebagai Ahli Diet (Dietitian). Seperti namanya, dietitian merupakan ahli gizi dan nutrisi yang telah mengambil penyetaraan formal gelar RD (Registered Dietitian). Tugas utama seorang ahli dietitian adalah merencanakan. Nah ahli diet berarti seorang pakar nutrisi yang berkompetensi melakukan perencanaan dengan memberikan informasi tentang gizi, rekomendasi makanan dan pola hidup sehat.

5) Bekerja di industri farmasi

Lulusan Kedokteran juga mempunyai peluang dan prospek kerja yang bagus di industri farmasi. Tugas dokter yang dapat diaplikasikan dalam industri farmasi adalah melakukan riset mengenai penyakit dan pengobatannya serta yang tak kalah penting adalah mempromosikan produk dari pabrik farmasi tersebut. Seorang Dokter juga harus ikut promosi karena promosi dari seorang dokter pasti lebih dipercaya konsumen dan masyarakat luas. Mengingat Dokter memang mempunyai ilmu dan basicnya mengenai penyakit dan obat tersebut.

6) Bekerja di instansi

Salah satu jenis pekerjaan lainnya yang bisa dijalani adalah menjadi bagian struktural di sebuah instansi. Beberapa contoh instansi yang dimaksud seperti rumah sakit, program BPJS, maupun Dinas Kesehatan. Biasanya, mereka yang memilih untuk mengambil jalur ini diharuskan untuk memiliki gelar magister dalam administrasi rumah sakit, atau juga dikenal dengan singkatan MARS, setelah menyelesaikan jenjang S1 Ilmu Kedokteran.

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.