bimbel kedokteran terbaik

Mengenal 10 Mata Kuliah di Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan favorite pada penerimaan mahasiswa baru diberbagai perguruan tinggi tiap tahunnya. Apalagi melihat prospek kerja hingga gaji yang didapat membuat jurusan ini sangat diminati.

Ditambah kebutuhan dokter dari tahun ke tahun terus meningkat seiring pesatnya laju pertambahan jumlah penduduk. Selain itu adanya pandemi akan membuat dokter sangat dicari untuk mengatasi penyakit masyarakat saat ini.

Kedokteran adalah cabang dari ilmu kesehatan yang mempelajari tentang mempertahankan kesehatan serta keselamatan nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya. Jurusan yang satu ini nantinya akan mempelajari seputar sistem tubuh manusia, hingga penyakit, cara pengobatan, dan penerapannya.

Berdasarkan Peraturan Konsul Kedokteran Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, hanya lulusan IPA yang bisa mengikuti menempuh pendidikan Kedokteran.

Apa Saja Mata Kuliah di Jurusan Kedokteran?

Buat kamu yang tertarik untuk menempuh pendidikan Kedokteran, berikut ada beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu temui:

1) Anatomi

Anatomi adalah mata kuliah yang mempelajari tentang susunan bagian tubuh dan organ dalam tubuh manusia yang harus dipahami oleh seorang calon dokter. Anatomi merupakan salah satu mata kuliah wajib yang akan kamu dapatkan ketika mengambil jurusan Kedokteran.

2) Biologi Seluler

Biologi seluler juga merupakan salah satu jenis ilmu yang sangat penting di dunia kedokteran. Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari ilmu biologi di tingkat seluler atau sel pembentuk tubuh manusia.

3) Genetika

Genetika merupakan mata kuliah yang mempelajari ilmu genetika atau penurunan gen pada manusia. Sebagai calon dokter, tentunya kamu harus harus memahami dengan baik mengenai ilmu genetika.

4) Metabolisme & Energi

Metabolisme & Energi adalah mata kuliah yang mempelajari tentang sistem metabolisme tubuh dan energi yang dihasilkan oleh tubuh.

Baca juga :  Intip 7 Prospek Kerja Jurusan Kedokteran yang Manjanjikan

5) Kardiovaskuler

Kardiovaskuler merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang sistem kerja jantung dan pembuluh darah dalam tubuh. Ilmu yang satu ini juga sangat penting di dunia kedokteran dan harus dipahami dengan baik oleh calon dokter.

6) Reproduksi

Sistem reproduksi juga menjadi salah satu ilmu yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang organ serta sistem reproduksi dalam tubuh manusia.

7) Gastrointestinal

Gastrointestinal merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang organ pencernaan meliputi lambung dan usus pada tubuh manusia. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar sistem pencernaan yang ada di tubuh manusia.

8) Respiratorius

Respiratorius adalah mata kuliah yang mempelajari tentang sistem pernapasan atau respirasi dalam tubuh. Tentunya, seluruh mahasiswa Kedokteran wajib mempelajari organ serta sistem pernapasan dalam tubuh manusia dengan baik.

9) Ilmu Bedah

Mahasiswa Kedokteran juga harus mendapatkan pengetahuan dasar mengenai ilmu bedah. Meskipun belum tentu menjadi ahli bedah di masa depan nanti, namun mahasiswa kedokteran juga perlu memiliki pengetahuan mengenai ilmu bedah.

10) Ilmu Penyakit Dalam

Mata kuliah ilmu penyakit dalam akan mempelajari tentang beragam jenis penyakit dalam serta bagaimana cara mengatasinya. Mata kuliah yang satu ini merupakan salah satu bekal ilmu penting yang harus dimiliki mahasiswa Kedokteran.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.