bimbel kedokteran terbaik

Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia

Hai Sahabat Latis yang berbahagia! Apa kabar kalian? Sudah mantap mencari jurusan kedokteran? atau mau coba kedokteran gigi? Kalo iya, berarti waktunya kalian mencari tau mengenai Fakultas Kedokteran gigi terbaik di Indonesia.

Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Versi World University

Fakultas kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia
Sumber Freepik

 Ranking

Jurusan Kedokteran Gigi menjadi salah satu program studi (prodi) yang banyak peminat di banyak perguruan tinggi. Alasannya adalah karena prospek karier yang luas, sehingga banyak universitas dalam negeri memiliki prodi Kedokteran Gigi.

Bagi kalian yang ingin berkuliah di jurusan Kedokteran Gigi dan sedang mempertimbangkan pilihan kampus, maka bisa mengacu pada pemeringkatan yang dilakukan THE World University Rankings (WUR) by Subject 2022 di bidang Clinical and Health.

Jadi tugasnya THE adalah menyoroti universitas terkemuka di bidang kedokteran, kedokteran gigi dan mata pelajaran kesehatan lainnya. Dalam melakukan penilaian dan menentukan peringkat, terdapat lima indikator yang digunakan oleh THE WUR 2022 bagi setiap universitas. Mereka adalah teaching, research, citations, industry income, dan international outlook.

Nah, setelah tau rankingnya, kalian perlu juga mengeksplor tentang biaya kuliah di 6 kampus Jurusan Kedokteran Gigi terbaik Indonesia untuk tahun ajaran 2022/2023.

1. Universitas Indonesia (UI)

Oke, UI di sisi manapun emang juara ya! Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia (UI) memperoleh ranking dunia: 401-500+. Jadi di Indonesia, angka ini sudah pasti menjadi yang paling top. Fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia juga jatuh pada UI.

Program studi (Prodi) Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia hanya dibuka pada program S1 Reguler. Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya yang disebut Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B).

BOP-B ini dibayarkan sesuai dengan kemampuan dengan kisaran Rp 0 ribu sampai Rp 7,5 juta tanpa uang pangkal karena disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Jadi walaupun terkenal dengan kampus artis, bukan berarti masuk kemari melulu harus bayar mahal.

Berikut rincian BPO-B Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia:

  • Kelas 1 Rp 0 – Rp 500 ribu
  • Kelas 2 > Rp 500 ribu – Rp 1 juta
  • Kelas 3 > Rp 1 juta – Rp 2 juta
  • Kelas 4 > Rp 2 juta – Rp 4 juta
  • Kelas 5 > Rp 4 juta – Rp 6 juta
  • Kelas 6 > Rp 6 juta – Rp 7,5 juta
Baca juga :  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Apa maksudnya kelas-kelas ini? Yup, semua berdasarkan hasil tes ya!

2. Universitas Airlangga (Unair)

Sebenarnya sudah bisa ditebak bahwa posisi selanjutnya ditempati oleh Surabaya dengan Universitas Airlangga – nya. Orang bilang kalau masuk ke kampus ini sudah pasti otaknya encer. Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Airlangga menempati ranking dunia: 601+.

Bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi SBMPTN atau jalur seleksi tes di Jurusan Kedokteran Gigi Unair, maka biaya pendidikannya seperti ini:

UKT IA: Rp 0-500 ribu

UKT 1B: Rp 1 juta

UKT 1C: Rp 2,4 juta

UKT II: Rp 10 juta

UKT II: Rp 12 juta

UKT IV: Rp 21 juta

Bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi jalur mandiri reguler di Jurusan Kedokteran Gigi, maka akan membayar uang kuliah semester (UKS) yang dibayar setiap semester dan uang kuliah awal (UKA) yang dibayar sekali pada saat masuk. Rinciannya sebagai berikut:

UKS: Rp 12,5 juta
UKA minimal: Rp 95 juta
Sedangkan yang lulus seleksi jalur mandiri kemitraan, maka bisa membayar UKS dan UKA sebagai berikut:

UKS: Rp 12,5 juta
UKA minimal: Rp 200 juta

Sudah amazing dengan angka-angka itu? Semakin pintar kalian maka semakin kecil juga angkanya. Tapi kalau kalian seorang selebram atau Youtuber dengan penghasilan WOW ya tidak masalah lah ya bayar segitu.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Brawijaya (UB) menempati ranking dunia: 601+

Dari tahun ke tahun peminat calon mahasiswa di kampus ini memang sangat membludak. Kenapa? Ya karena memang lokasinya oke banget dan akreditasi yang mendunia.

Bagi calon mahasiswa yang lulus SNMPTN (jalur seleksi prestasi) dan SBMPTN (jalur seleksi tes) di Jurusan Kedokteran Gigi UB, maka biaya pendidikannya menjadi 6 kelas:

Kelas I: Rp 500 ribu

Kelas II: Rp 1 juta

Kelas III: Rp 7.020.000

Kelas IV: Rp 17.310.000

Kelas V: Rp 19.455.000

Kelas VI: Rp 21,6 juta

Bila calon mahasiswa yang lulus seleksi jalur seleksi mandiri, maka untuk biaya kuliah Jurusan Kedokteran di UB, terdiri dari UKT yang dibayarkan tiap semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan satu kali di awal semester.

Baca juga :  Intip 7 Prospek Kerja Jurusan Kedokteran yang Manjanjikan

Rinciannya kurang lebih sebagai berikut:

Biaya Pendaftaran: Rp 350 ribu

UKT Kelompok IV: Rp 17.310.000

UKT Kelompok V: Rp 19.455.000

UKT Kelompok VI: Rp 21.600.000

IPI Kelompok IV: Rp 100 juta

IPI Kelompok V: Rp 110 juta

IPI Kelompok VI: Rp 120 juta.

Lumayan banyak harapan kan untuk bisa masuk kesini? Mau pakai jalur apa terserah kalian. Yang jelas oke banget nih kalau masih ada harapan demi harapan.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dari segi apapun rasanya sulit untuk tidak memasukkan UGM ke jajaran universitas terbaik. Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Gadjah Mada (UGM) memperoleh ranking dunia: 601+. Sebenarnya hampir di semua fakultasnya memperoleh ranking yang diakui dunia.

Jika ingin masuk Jurusan Kedokteran Gigi UGM, maka kalian bisa melihat terlebih dahulu biaya kuliahnya yang terbagi menjadi 8 kelompok, yaitu:

Kelompok I: Rp 500 ribu

Kelompok II: Rp 1 juta

Kelompok III: Rp 7.350.000

Kelompok IV: Rp 9.800.000

Kelompok V: Rp 13.300.000

Kelompok VI: Rp 20 juta

Kelompok VII: Rp 23 juta

Kelompok VIII: Rp 26 juta.

Are you ready? Nyatanya juga kalau lulus dari kampus ini aduhai cari kerja gampang bahkan mau jadi pengusaha juga oke.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Hasanuddin (Unhas) memperoleh ranking dunia: 601+.

Berdasarkan data biaya kuliah penerimaan mahasiswa baru Unhas, bahwa besaran dana UKT kampus sebagai berikut:

UKT minimal: Rp 500 ribu

UKT maksimal: Rp 10 juta.

Oke, kalau kalian mencari yang sesuai budget sepertinya ini pilihan yang bagus ya walaupun harus merogoh kocek cukup mahal untuk tiket pesawat dan biaya hidup. Kenapa begitu? karena jauh pastinya.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pulau Jawa memang memilki cukup banyak universitas yang berkualitas dan tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satunya adalah Unpad. Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Padjadjaran (Unpad) memperoleh ranking dunia: 601+.

Terdapat 8 kelompok UKT bagi Jurusan Kedokteran Gigi yang lulus seleksi SNMPTN dan SBMPTN:

Kelompok I: Rp 500 ribu

Kelompok II: Rp 1 juta

Kelompok III: Rp 3 juta

Kelompok IV: Rp 5 juta

Baca juga :  Stoikiometri : Kimia UTBK

Kelompok V: Rp 7 juta

Kelompok VI: Rp 9 juta

Kelompok VII: Rp 11 juta

Kelompok VIII: Rp 13 juta.

Bagi yang lulus seleksi mandiri, terdapat UKT per semester dan dana pengembangan bagi Jurusan Kedokteran Gigi:

UKT: Rp 13 juta

Dana Pengembangan: Rp 225 juta.

Wah, untuk menjadi dokter gigi ternyata dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun paling tidak Unpad memberikan rincian yang cukup ramah di kantong tentunya jika kalian masuk dengan jalur tes dan lulus.

7. Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti

Apa yang ada di ben kalian saat mendengar nama Universitas Trisakti? Yup, wadah organisasinya cukup luas. Dan walaupun swasta, Trisakti cukup punya nama di Indonesia dan di mancanegara. Merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi swasta yang memiliki akrediatsi A sejak tahun 2015. Tidak banyak fakultas kedokteran gigi swasta yang memiliki akrediatsi A seperti Universitas Trisakti. Berdasarkan data versi SIR 2021 Universitas Trisakti menempati peringkat 490 dunia. Gimana? Keren kan? Mimin tidak merinci biaya masuknya. Kalian bisa cek di web resmi Trisakti ya!

7. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember (Unej)

Terakhir yaitu FKG Unej yang merupakan salah satu fakultas kedokteran gigi terbaik selain FKG Unair dan Unibra di Jawa Timur. Sejak tahun 2016 FKG Unej memiliki akreditasi A dengan jumlah peminat yang tinggi pada SBMPTN 2019.

Sekalipun demikian, kampus ini masih memberikan biaya studi yang ramah di kantong. Tentu juga dengan biaya hidup di daerah sini yang terbilang murah dibandingkan Jakarta.

Sebelum Masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia
Sumber Freepik

Menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang cukup lama, diperkirakan waktu yang dibutuhkan selama 6 Tahun. Angka tersebut sudah termasuk masa pre-klinis 4 tahun dan klinis 2 tahun. Memang sama dengan waktu yang dibutuhkan jurusan kedokteran umum. Selanjutnya kalian akan dihadapkan dengan Ujian UKDGI setiap 4x pertahun. Hm, artinya ilmu kalian harus selalu update. Jadi kalau dari sekarang sudah males ya susah deh jadinya. Hehe.

Gimana? Bagus banget kan kampusnya ? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian.

Referensi:

  1. kompas.com
  2. fakultaskedokteran.id

Fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.