les kedokteran, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel fk, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel masuk ugm, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, karantina ui, karantina snbt, karantina utbk, bimbel snbt, bimbel karantina

Apa Saja Jurusan Sub Dokter Spesialis Penyakit Dalam?

Halo Sahabat Kedokteran!

Setelah lulus kedokteran umum, tentu banyak dari kamu yang tertarik untuk mengambil spesialis penyakit dalam. dokter spesialis penyakit dalam atau yang terkenal dengan sebutan internis ini bertugas untuk menangani beragam masalah Kesehatan yang meliputi semua organ tubuh bagian dalam. dokter ini mempunyai pasien dari berbagai kalangan usia.

bidang keilmuan penyakit dalam merupakan ilmu kedokteran yang turut menangani beragam jenis penyakit yang cakupannya hampir semua bagian tubuh manusia.

baca juga : biaya les rumahan

Beragam bidang sub spesialisasi penyakit dalam

bimbel kedokteran, bimbel karantina kedokteran, les kedokteran, bimbel fk, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran online, bimbel kedokteran ui, bimbel masuk fkui

Sumber: Freepik

saat kamu menjadi dokter penyakit dalam, masih ada sub bidang ilmu penyakit dalam yang bisa kamu tekuni. setiap dokter konsultan penyakit dalam mempunyai keahlian untuk mengatasi penyakit sesuai dengan bidang keahliannya seperti:

  1. alergi imunologi klinik (Sp.PD-KIA)

seorang dokter penyakit dalam konsultan alergi dan imunologi mempunyai bidang keahlian khusus dalam menangani beragam penyakit yang berhubungan dengan imunitas dan alergi. selain itu, dokter penyakit dalam sub spesialis yang satu ini juga mengatasi berbagai reaksi anafilaksis, urtikaria, rhinitis alergi, dermatitis atopik, alergi, angioedema, graft versust host response dan penyakit imunologi.

  1. ginjal dan hipertensi (Sp.PD-KGH)

dokter penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi merupakan seorang dokter yang menangani berbagai masalah Kesehatan yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi, ginjal dan ketidakseimbangan mineral atau cairan di dalam badan.

penyakit yang bisa ditangani oleh dokter ini meliputi dokter gagal ginjal kronis, hiperplasia prostat, gagal ginjal akut, sindrom nefritik, glomerulonefritis, nefropati diabetik,  hipertensi, infeksi saluran kemih, pielonefritis, batu ginjal dan penyakit ginjal polikistik.

  1. Gastroenterologi dan Hepatologi (Sp.PD-KGEH)

dokter subspesialis dokter penyakit dalam bertanggung jawab untuk menangani masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti pankreas, lambung, hati, kantong empedu dan usus.

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia

ada beragam jenis penyakit yang bisa ditangani oleh dokter subspesialis ini yaitu malabsorsi, intoleransi makanan, hepatitis, hernia, gastritis, gagal hati, akalasia esofagus, perlemakan hati, pankreatitis, radang saluran dan kantung empedu, penyakit radang usus, hemoroid, dan kanker saluran cerna seperti kanker kolorektal.

  1. getriatri (Sp.PD-KGer)

dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri bertugas saat menangani beragam keluhan dan gangguan Kesehatan yang terjadi pada orang dengan usia lanjut. dokter ini bisa menangani kasus delirium, inkontinensia urine, sindrom geriatri, gangguan tidur dan malnutrisi pada lansia.

tak hanya itu, ada juga beragam penyakit yang lainnya yang bisa ditangani oleh dokter subspesialis yang satu ini meliputi disfungsi seksual, hipotensi ortostatik, gagal jantung, demensia, hipertensi, pneumonia dan infeksi saluran kemih, diabetes, Parkinson dan osteoporosis.

  1. hematologi dan onkologi medik (Sp.PD-KHOM)

dokter subspesialis penyakit dalam konsultan hematologi dan onkologi mempunyai peran penting saat menangani beragam jenis masalah Kesehatan yang berkaitan dengan darah, beragam jenis kanker dan organ limpa.

ada beragam jenis penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis ini yaitu berupa leukemia, melanoma, defisiensi besi, thalasemia, anemia aplastik, kelainan sumsum tulang, limfoma, sarcoma, leukimia dan melanoma.

baca juga : jasa les privat

Ragam Sub spesialis penyakit dalam yang wajib kamu tahu

bimbel kedokteran, bimbel karantina kedokteran, les kedokteran, bimbel fk, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran online, bimbel kedokteran ui, bimbel masuk fkui

Sumber: Freepik

  1. kardiovaskular (Sp.PD-KKV)

dokter spesialis penyakit dalam seorang konsultan kardiovaskulas bertanggung jawab untuk memberikan diagnosa dan memberi pengobatan terkait penyakit jantung dan pembuluh dara untuk orang dewasa.

beragam jenis penyakit yang bisa ditangani oleh dokter sub spesialis penyakit dalam yaitu henti jantung, miokarditis, angina pektoris, penyakit jantung, syok kardiogenik, gagal jantung kongestif, kelainan pembuluh darah, tumor jantung, gangguan irama jantung, penyakit jantung bawaan, kardiomiopati idiopatik, penyakit katup jantung dan hipertensi.

  1. endoktrin metabolik diabetes

dokter sub spesialis penyakit dalam memiliki tanggung jawab untuk mengatasi beragam jenis masalah yang berkaitan dengan sistem endoktrin atau kelenjar dan juga kelainan metabolik.

Baca juga :  Detail untuk Biaya Kuliah Kedokteran di UNAIR dan UNDIP

ada beragam jenis masalah Kesehatan yang bisa ditangani oleh dokter penyakit dalam konsultan yaitu gangguan hipotalamus dan pituitari, hiperkalsemia, diabetes melitus, gangguan hormon, hipokalsemia, gangguan tiroid, kelainan reproduksi terkait gangguan hormone, diabetes melitus, penyakit kelenjar adrenal, dan obesitas.

baca juga : les privat

Dokter sub spesialis penyakit dalam

bimbel kedokteran, bimbel karantina kedokteran, les kedokteran, bimbel fk, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran online, bimbel kedokteran ui, bimbel masuk fkui

Sumber: Freepik

  1. rheumatologi (Sp.PD-KR)

dokter penyakit dalam sub spesialis konsultan reumatologi mempunyai keahlian dalam bidang penanganan beragam masalah Kesehatan yang berkaitan dengan otot, sendi, tulang dan jaringan penyambung yaitu tendon.

ragam penyakit yang bisa ditangani oleh dokter ini yaitu sklerosis sistemik, demam reumatik, fibromyalgia, trauma sendi, artritis reumatoid, osteoarthritis, penyakit lupus, osteomyelitis, sarcoidosis dan vasculitis.

  1. pulmonologi (Sp.PD-KP)

dokter sub spesialis penyakit dalam seorang konsultan pulmonologi bertanggung jawab untuk mengatasi keluhan dan memberi pengobatan berkaitan dengan penyakit pernapasan.

ada beragam jenis penyakit yang bisa ditangani oleh dokter konsultan pulmonologi yaitu kanker paru, bronkitis, asma bronkial, PPOK, tuberkulosis paru, pneumonia, emfisema, emboli paru, gagal napas, cystic fibrosis dan efusi pleura.

baca juga : biaya les privat

Pilihan sub spesialis penyakit dalam

bimbel kedokteran, bimbel karantina kedokteran, les kedokteran, bimbel fk, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran online, bimbel kedokteran ui, bimbel masuk fkui

Sumber: Freepik

  1. psikosomatik (Sp.PD-KPsi)

    dokter penyakit dalam sub spesialis dalam tersebut bertugas untuk bisa memberikan penanganan terkait beragam jenis gangguan psikosomatik seperti gangguan tidur, disfungsi ereksi dan disfungsi seksual psikogenik, gangguan kecemasan, gangguan panik, nyeri atau gangguan fungsi tubuh terkait gangguan psikologis dan sindrom kelelahan kronis.

  2. penyakit tropik infeksi (Sp.PD-KPTI)

dokter spesialis penyakit dalam seorang konsultan penyakit tropic dan infeksi bertanggung jawab untuk mengatasi penyakit infeksi menular seksular yang berasal dari jamur, virus, bakteri, parasit dan bertugas memberikan obat untuk bentuk pencegahan.
dokter ini juga menangani berbagai gangguan seperti demam berdarah dengue, chikungunya, sepsis, rubella, toksoplasmosis, rabies, demam tifoid, tetanus, antraks, gastroenteritis, malaria, filariasis, infeksi jamur sistemik, COVID-19 dan keracunan makanan karena infeksi.

kamu disarankan untuk segera mendatangi dokter spesialis penyakit dalam jika:

  1. mempunyai keluhan dan gejala jenis apapun yang memberikan pengaruh pada organ dan sistem pada tubuh. misalnya saja seperti gangguan sistem pernapasan, gangguan di sistem pencernaan, gangguan pada jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular.
  2. merasakan gejala yang kompleks dan terjadi pada area yang luas.
  3. memerlukan perawatan yang khusus dalam jangka waktu yang Panjang
  4. memerlukan perawatan untuk mencegah berbagai jenis penyakit tertentu baik dikarenakan adanya faktor resiko secara genetik maupun faktor resiko yang dipengaruhi oleh lingkungan.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 089628522526. Ate klik www.bimbel-kedokteran.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Bimbel Kedokteran by Latiseducation

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

2. alodokter.com

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.