Biaya Kedokteran UGM

Hai sahabat Latis! Sudah tau informasi terkini mengenai biaya kedokteran UGM? Seperti yang kalian simak di mesin pencarian di internet, jurusan kedokteran tetap menjadi favorit. Apalagi jika jurusan tersebut berada di Universitas Gadjah Mada. Tidak hanya membuat pride kalian meningkat, tapi juga membuat keluarga besar ikut bangga.

Biaya Kedokteran UGM 2022

biaya kedokteran UGM
sumber Freepik

 Jurusan kedokteran merupakan aalah satu jurusan favorit para calon mahasiswa. Banyak calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan kedokteran, termasuk di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan alasan karena bonafitnya kampus ini di kancah internasional.

Memang bonafit dan memiliki pride yang tinggi, namun yang seringkali dipertimbangkan saat akan berkuliah di jurusan kedokteran ini adalah biayanya. Siapa yang tidak paham jika biaya kuliah kedokteran apalagi di UGM menjadi salah satu yang termahal dibandingkan jurusan lainnya? Maka dari itu kalian harus pantengin informasi di artikel ini ya!

Di UGM, pembiayaan kuliah kedokteran menggunakan sistem UKT (uang kuliah tunggal). Nah, pada sistem ini sebagian biaya suatu program studi ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya. Hm… maksudnya bagaimana ya?

Menurut web resmi UGM, pengelompokan UKT pada Program Sarjana jalur terbagi atas jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri TA 2021/2022 dengan rinciannya adalah sebagai berikut:

– UKT 0: Peserta Bidikmisi

Calon mahasiswa kedokteran yang tidak perlu membayar biaya UKT sama sekali adalah mereka yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

– UKT I: Penghasilan kurang dari Rp500.000

– UKT II: Penghasilan antara Rp500.000 – Rp2.000.000

– UKT III: Penghasilan antara Rp2.000.000 – Rp3.500.000

– UKT IV: Penghasilan antara Rp3.500.000 – Rp5.000.000

– UKT V: Penghasilan antara Rp5.000.000 – Rp10.000.000

– UKT VI: Penghasilan antara Rp10.000.000 – Rp20.000.000

– UKT VII: Penghasilan antara Rp20.000.000 – Rp30.000.000

Baca juga :  Calon Anak UI Wajib Tau Dong IMERI FKUI

– UKT VIII: Penghasilan lebih dari Rp30.000.000

Untuk UKT I hingga VIII tentunya disertai surat pernyataan yang membenarkan.

Ada lagi yang harus kalian ketahui nih Sahabat Latis. Besaran UKT untuk setiap jurusan berbeda-beda lho. Berikut rincian UKT juruan Pendidikan Dokter UGM dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 6949/UN1.P/KPT/HUKOR/2021 tidak sama dengan sumber sebelumnya ya.

UKT I: Rp500.000

UKT II: Rp1.000.000

UKT III: Rp7.250.000

UKT IV: Rp10.875.000

UKT V: Rp14.500.000

UKT VI: Rp18.125.000

UKT VII: Rp22.500.000

UKT VIII: Rp26.000.000

Hm, untuk lebih validnya memang harus rajin membuka web resmi kampus ini. Sementara itu untuk biaya-biaya yang ada tentu tidak lepas dari jenjang pendidikannya.

Biaya kuliah kedokteran UGM jenjang S1
biaya kedokteran UGM
Sumber Freepik

Biaya Kedokteran UGM jenjang S1 ada beberapa jurusan yang tersedia. Tiap-tiap Jurusan memiliki besaran UKT yang berbeda-beda satu sama lain, namun selisihnya tidak signifikan. Berikut rincian biaya kuliah kedokteran UGM jenjang S1 antara lain sebagai berikut:

  • S1 Pendidikan Dokter

Besar Uang Kuliah Tunggal (Rp.)

1

500.000

2

1.000.000

3

7.250.000

4

10.875.000

5

14.500.000

6

18.125.000

7

22.500.000

8

26.000.000

(Program Kerja Sama)

– KSS = 125.000.000
– UKT = 26.000.000

  • S1 Kedokteran Gigi

Besar Uang Kuliah Tunggal (Rp.)

1

500.000

2

1.000.000

3

7.350.000

4

9.800.000

5

13.300.000

6

20.000.000

7

23.000.000

8

26.000.000

(Program Kerja Sama)

– KSS = 100.000.000
– UKT = 26.000.000

  • S1 Kedokteran Hewa

Besar Uang Kuliah Tunggal (Rp.)

1

500.000

2

1.000.000

3

5.000.000

4

6.500.000

5

8.000.000

6

10.000.000

7

15.000.000

8

25.000.000

(Program Kerja Sama)

– KSS = 40.000.000
– UKT = 25.000.000

Sahabat Latis hanya perlu memilih nih kira-kira mau masuk jurusan yang mana? semuanya sama-sama bergelar dokter lho! Hanya saja bedanya adalah dokter umum, dokter gigi, atau dokter hewan ya?

Biaya Kuliah Kedokteran UGM jenjang S2

Sedikit berbeda dengan jenjang S1, untuk biaya kuliah Kedokteran UGM pada jenjang S2 tidak menerapkan pengelompokan UKT. Masalah biaya UKT yang harus dibayarkan telah ditentukan untuk semua Jurusan yang dipilih. Adapun daftar biaya kuliah Kedokteran UGM jenjang S2 antara lain;

  • Magister
Baca juga :  Mata Kuliah Kedokteran

Biaya Per Semester (Rp.)

Ilmu Kedokteran Klinis

13.000.000

Ilmu Kedokteran Tropis

13.000.000

Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan

13.000.000

Ilmu Biomedik

13.000.000

Ilmu Kedokteran Gigi*

13.000.000

Sains Veteriner

– Reguler: 9.000.000
– Kerja Sama:15.000.000
– Internasional: 39.500.000

Bagaimana?Apakah menurut kalian ini lebih murah daripada jenjang S1?

Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jenjang Spesialis

Oke, untuk kedokteran tentu ada lagi jenjang lain selain jenjang S1 dan S2 yaitu jenjang spesialis. Cukup banyak pilihan jenjang spesialis yang tersedia di kampus ini. Tiap jenjang Spesialis memiliki biaya UKT per semester berbeda-beda. Sebelum itu tentu kalian harus mengetahui terlebih dahulu passion kalian kira-kira ingin masuk yang mana.

Berikut daftar biaya kuliah Kedokteran UGM jenjang Spesialis;

  • Ilmu Kedokteran Jiwa

Reguler (Rp.)

9.000.000

Tubel (Rp.)

17.000.000

Kemitraan (Rp.)

25.000.000

  • Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal

9.000.000

15.000.000

25.000.000

  • Mikrobiologi Klinik

9.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Patologi Anatomi

9.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Patologi Klinik

9.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Dermatologi dan Venereologi

11.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Ilmu Kesehatan Mata

17.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher

15.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Ilmu Kesehatan Anak

13.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Obstetri dan Ginekologi

17.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Anestesiologi dan Terapi Intensif

17.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Neurologi

17.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Sub Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif

23.000.000

30.000.000

30.000.000

  • Radiologi

17.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Ilmu Bedah

15.000.000

23.000.000

27.000.000

  • Orthopaedi dan Traumatologi

15.000.000

23.000.000

27.000.000

  • Bedah Anak

15.000.000

23.000.000

27.000.000

  • Urologi

15.000.000

23.000.000

27.000.000

  • Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

13.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Bedah Syaraf

15.000.000

23.000.000

27.000.000

  • Ilmu Penyakit Dalam

17.000.000

17.000.000

25.000.000

  • Ortodonsia*

13.000.000

  • Protodonsia*

13.000.000

  • Konservasi Gigi*
Baca juga :  Mata Kuliah Kedokteran UNPAD

13.000.000

  • Periodonsia*

13.000.000

  • Kedokteran Gigi Anak*

13.000.000

  • Bedah Mulut dan Maksilofasial*

13.000.000

  • Doktor Sain Veteriner

12.000.000

20.000.000

50.000.000

Waduh banyak banget ya pilihannya? Kalian sangat perlu mengetahui apa saja yang dipelajari di masing-masing sub spesialis itu ya! Contohnya masalah neurologi, artinya mempelajari saraf. Kemudian urologi yang mempelajari saluran kencing, dan lainnya.

Biaya kuliah Kedokteran UGM Jenjang S3

 

Khusus biaya kedokteran UGM untuk jenjang S3 tersedia dalan dua program studi. Program studi yang dimaksud adalah Ilmu Kedokteran reguler dan Ilmu Kedokteran Internasional. Keduanya memiliki besaran UKT yang sama, sebagai berikut;

  • Biaya kuliah Kedokteran UGM jenjang S3 Ilmu Kedokteran Reguler

Tarif Pendidikan UKT Per Semester – Rp11.000.000

  • Biaya kuliah Kedokteran UGM jenjang S3 Ilmu Kedokteran Internasional

Tarif Pendidikan UKT Per Semester – Rp11.000.000

Oke sebentar dulu. Apa sih maksudnya reguler dan internasional? Apa lantas bisa bekerja di luar negeri sebagai dokter? Tentunya perijinan di setiap negara untuk praktik dokter berbeda-beda ya sahabat Latis.

Namun untuk pengantar kuliah dah materi perkuliahan jikan program internasional menggunakan bahasa Inggris. Ini tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal. Namun jangan khawatir, UGM memiliki berbagai program beasiswa yang dapat membantu kalian mendapatkan keringanan.

Gimana? udah tau kira-kira masalah kampusnya mau dimana? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian

Referensi:

  1. katadata.com
  2. review.bukalapak.com

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.