Fakultas Kedokteran Negeri Akreditasi A

Susan, Susan, Susan, besok gede mau jadi apa? “Aku ingin jadi Dokter biar nyuntik orang”. Gitu bukan sih lagunya? Hehe, yah sampai jaman sekarang dari jaman Susan beredar tetep pilihan pertama cita-cita seseorang adalah jadi dokter. Ga heran kalo akhirnya pencarian Fakultas Kedokteran Negeri Akreditasi A melanglang buana di mesin pencarian. Kenapa sih itu penting?

Fakultas Kedokteran Negeri

fakultas kedokteran negeri
sumber freepik

Jadi begini gaes, namanya universitas negeri selalu menjadi favorit karena prospek lulusannya di masa depan. Mereka rata-rata bisa keterima di perusahaan-perusahaan besar bahkan luar negeri walaupun IPK nya terbilang tidak memuaskan. Kok bisa gitu ya? Hm, ya gitu deh nyatanya. Nah lalu apa hubungannya dengan akreditasi?

Akreditas bisa diartikan sebagai pengakuan terhadap sebuah lembaga pendidikan yang diberikan oleh lembaga atau pihak berwenang. Penilaian itu tidak sembarangan karena dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria yang mencerminkan kualitas dan kelayakan dari sebuah institusi. Salah satu lembaga yang bisa memberikan akreditasi ini yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Penilaian bukan sembarang penilaian yang diberikan oleh BAN-PT terhadap suatu program karena tentunya dilakukan dengan melihat berbagai indikator. Masing-masing indikator tersebut akan dinilai dan kemudian hasilnya diakumulasi. Hasil nilai akumulasi itulah yang akan menentukan golongan akreditasi yang akan didapatkan oleh perguruan tinggi.

Baiklah, sekarang kita gali lagi kenapa kira-kira mau jadi dokter? Duh pingin tajir, duh pingin keliatan worth aja gitu, pengen nampak cerdas, pingin menaikkan harkat martabat, pingin nolong orang. Well, apapun alasannya di jaman seperti sekarang itu udah ga penting ya mau naik pamor dengan jadi dokter. Bukan yang paling keren lagi loh. Yang jelas kalian juga harus siap belajar dan begadang serta menemukan hal-hal horor lainnya. Pokoknya jangan memaksakan diri, hehe.

Fakultas Kedokteran Negeri Akreditasi A

Fakultas kedokteran negeri
sumber Freepik

Baiklah, kalau secara keluarga dan keinginan diri yang luhur dari kalian bener-bener mau jadi dokter, berikut mimin kasi spill fakultas kedokteran di universitas negeri dengan akreditasi A.

1. Universitas Hasanuddin, Makassar

 

Universitas Hasanuddi (Unhas) memiliki Fakultas Kedokteran dengan akreditasi A dari BAN-PT. Kedokteran Unhas menjadi bagian dari fakultas dengan reputasi sebagai FK tertua di Indonesia Timur, tepatnya didirikan pada awal tahun 1956. Jadi buat kalian yang ingin juga merasakan nuansa gedung klasik, boleh coba daftar di sini. Tapi kalau asal kalian dari Jawa, bersiaplah mempertimbangkan biaya tiketnya ya!

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia

2. Universitas Airlangga, Surabaya

 

Universitas Airlangga (Unair) bersama dengan 29 departemen dan 43 prodi lainnya Program Studi Pendidikan Dokter Unair menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran. Banyaknya departemen dan prodi ini otomatis membuat jumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter sendiri merupakan yang terbanyak di FK Unair. Kalo cuma buat mau naik pamor, boleh juga ambil jurusan lain selain kedokteran toh kalo ditanya tetep jawabannya adalah Fakultas Kedokteran, hehe. Di ijazah pun begitu kan?

3. Universitas Sriwijaya, Palembang

 

Kita pergi lagi meninggalkan Pulau Jawa, Palembang juga punya Universitas Sriwijaya atau Unsri. Program Studi Pendidikan Dokter Unsri merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran yang resmi dibuka sejak tahun 1962. Uniknya lagi kalau kalian masuk di jurusan Kedokteran di Unsri, kalian harus melalui dua tahapan. Pertama, program akademik yang berlangsung selama delapan semester dengan lulusan yang bergelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Kedua, program keprofesian yang berlangsung selama empat semester dengan lulusan yang disebut dokter. Jadi kalau ditotal berapa tahun nih? enam tahun ya…..

4. Universitas Riau, Pekanbaru

 

Mimin kurang paham sama apa yang terjadi di tahun 2018 soal Universitas ini. Yang jelas Kedokteran Unri (Universitas Riau) telah memiliki akreditasi A BAN-PT. Fakultas Kedokterannya juga telah mengantongi izin penyelenggaraan program Pendidikan Dokter sejak tahun 2001.

5. Universitas Udayana, Denpasar

 

Universitas ini adalah satu-satunya universitas negeri di Bali dengan formasi jurusan yang paling banyak. Universitas Udayana (Unud) berdiri pada tahun 1962 dan hingga kini memiliki enam program studi, satu diantaranya adalah Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD). Selain akreditasi A BAN-PT, prodi yang satuΒ  ini juga istimewa karena menawarkan kelas reguler dan internasional. Setau mimin juga menawarkan jalur khusus gitu sih.

6. Universitas Sam Ratulangi, Manado

 

Kita beranjak ke Manado, Program Studi Program Pendidikan Dokter menjadi bagian dari Jurusan Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Unsrat (Universitas Sam Ratulangi). Tidak hanya Kedokteran Umumnya, program profesi FK Unsrat juga memiliki akreditasi A BAN-PT.

7. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu universitas yang diminati banyak calon mahasiswa. Berlokasi di Depok dan di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Di universitas negeri ini terdapat jurusan kedokteran yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Baca juga :  Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran Mulai Dari UGM Hingga UI

Selain beken karena letaknya di Ibukota, banyak artis juga yang berkuliah di sini. Mata Kuliah yang akan dipelajari pada program studi ini di antaranya Empati Bio Etik Profesionalisme dan Human, Tumbuh Kembang, Kulit dan Jaringan Penunjang, dan Reproduksi.

8. Universitas Gadjah Mada

 

Berada di kota Yogyakarta dengan biaya hidup terkenal murah, UGM menjadi idola. Memiliki program studi kedokteran, Prodi kedokteran di UGM menjadi salah satu prodi populer yang berada dalam rumpun ilmu saintek, dan telah mendapatkan akreditasi A oleh oleh BAN-PT.

Kalian akan menemukan beberapa mata kuliah yang ada di prodi kedokteran di UGM seperti Prinsip Biomedik, Sistem Pernafasan, Sistem Saluran Kemih, dan Kedokteran Komunitas.

usut punya usut, Universitas Gadjah Mada menempati posisi yang mumpuni untuk disebut sebagai universitas terbaik di dunia versi The Times Higher Education.

9. Universitas Diponegoro (UNDIP)

 

Siapa yang tidak juga terlena dengan Semarang? Meneruskan studi pendidikan dokter di Semarang adalah pilihan yang tepat bagi kalian yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Fakultas Kedokteran UNDIP sudah mendapatkan akreditasi A BAN-PT pada tahun 2017.

Sebenarnya semua mahasiswaΒ  jurusan pendidikan dokter di UNDIP tidak hanya mendapatkan bekal teori saja, tetapi juga kesempatan untuk praktik di rumah sakit berskala nasional milik kampus dan umumnya memang hal ini berlaku di semua fakultas Kedokteran di Indonesia ya.

Kalau mau kesini, kalian harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya cukup ketat dengan kuota yang sangat terbatas.

10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

 

Masih di area Jawa Tengah, kampus yang terkenal di Kota Solo ini memiliki jurusan kedokteran yang alumninya sudah banyak yang sukses dan tersebar di seluruh Indonesia. Jadi kalau kalian ingin menjadi dokter profesional, coba saha menjadi bagian dari UNS.

Tentu saja sudah berada di akreditasi A dan juga terdapat jurusan psikologi saintek sebagai bahan pertimbangan jika kalian tertarik menjadi seorang psikolog.

11. Universitas Brawijaya

 

Malang punya cerita nih sahabat Latis! Kampus ini pernah menduduki peringkat paling atas pada kategori pendaftar terbanyak pada saat seleksi SBMPTN tahun 2019.

Baca juga :  Total Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Ternama di Indonesia

Bayangkan bagaimana ketatnya persaingan untuk bisa lolos jurusan kedokteran di sini, apalagi Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya sudah mendapatkan akreditasi A.

12. Universitas Hasanuddin (Unhas)

 

Buat kalian yang berada di Makassar atau ingin merantau kesini, siapkan diri ya. Kampus ini sudah menyandang predikat A pada jurusan kedokterannya.

Tidak heran sih kalau persaingan untuk bisa diterima sebagai salah satu mahasiswa jurusan kedokteran Unhas pun cukup ketat. Jurusan kedokteran di Unhas juga merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak diminati ketika SBMPTN 2019. Jadi ini alternatif lain kalau kalian tidak mau di Pulau Jawa.

13. Universitas Padjajaran (UNPAD)

 

Bandung juga menjadi kota yang ramah pelajar. Tidak heran banyak universitas yang terkemuka dan tidak terkecuali Universitas Padjadjaran. Persaingan untuk bisa diterima di jurusan kedokteran yang sudah terakreditasi A di UNPAD pun terbilang sangat ketat.

Banyak banget peminat fakultas kedokterannya. Tapi memang sih tujuan kuliah di Bandung juga karenaΒ  banyaknya instansi pemerintahan yang pendidikannya terpusat di sini.

14. Universitas Andalas (Unand)

 

Padang juga ternyata menyedian Universitas Andalas yang menyediakan jurusan kedokteran. Sebagai salah satu jurusan favorit di kampus tersebut, perjuangan masuk ke Universitas Andalas so pasti menguras tenaga dan pikiran.

Karier yang gemilang in sya Allah bisa kalian dapatkan di sini mengingat banyaknya dosen-dosen berkualitas di sini. Universitas Andalas juga sudah meraih akreditasi A pada tahun 2016.

15. Universitas Jember (Unej)

 

Ayo kita ke pucuk Jawa Timur. Di sini ada kampus yang terkenal bernama Universitas Jember. Menyandang sebagai PTN terbesar di Jawa Timur, kampus ini menyediakan jurusan kedokteran terakreditasi A.

Sama halnya dengan kampus kedokteran lainya, kedokteran Universitas Jember banyak dicari di instansi kesehatan di Jawa Timur. Selama ini sudah banyak bekerjasama dengan beberapa pelayanan kesehatan masyarakat di Jawa Timur dan juga perihal lainnya.

Nah itu tadi 15 Fakultas Kedokteran Negeri berakreditasi A. Buat kalian yang galau mau masuk kedokteran, boleh lho kalian les privat di sini. Kalian akan dibimbing dengan para tutor yang berpengalaman.

Referensi:

Halodoc.com

Sindonews

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.