bimbel kedokteran terbaik

Laju Reaksi : Kimia UTBK

laju reaksi

Laju reaksi merupakan kecepatan suatu reaksi untuk menghasilkan produk. Umumnya untuk mempercepat laju reaksi dilakukan beberapa hal seperti mengurangi ukuran partikel, menggunakan katalis pada reaksi yang terjadi, dan lainnya.

Orde reaksi

Orde reaksi menyatakan besarnya pengaruh konsentrasi reaktan terhadap laju reaksi”.

  1. Orde reaksi nol

Reaksi dikatakan nol terhadap salah satu reaktan, jika perubahan konsentrasi reaktan tersebut tidak mempengaruhi. Besarnya hanya dipengaruhi oleh besarnya konstanta laju reaksi (k).

  1. Orde reaksi satu

Reaksi dikatakan satu terhadap salah satu reaktan, jika berbanding lurus dengan konsentrasi reaktan itu.Jika konsentrasi dilipat gandakan, maka laju reaksi akan menjadi  atau 3 kali lebih besar.

Rumus Umum :

ax + by –> xy

orde reaksi pada x adalah a, dan orde reaksi pada y adalah b. Sehingga rumusmenjadi :  XY dibagi X (pangkat a) dikali Y (pangkat b). Hasil reaksi dibagi dengan pereaksi. Kurang lebih seperti itu.

Cara Menentukan

struktur atom dan ikatan kimia

Persamaan ini tidak dapat diturunkan dari stoikiometri, tetapi ditntukan melalui percobaan. Salah satu cara menentukan persamaan laju reaksi adalah dengan metode laju awal. Menurut cara ini diukur pada awal reaksi dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Ada beberapa variable yang digunakan untuk menentukan persamaan laju reaksi yaitu :

  • Varibel tetap = variable yang tidak diubah
  • Variable bebas = variable yang sengaja diubah untuh memperoleh hubungan antara suatu besaran dengan besaran lainnya.
  • Variable terikat = variable yang dipengaruhi oleh variable bebas

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

kimia unsur

Besarnya  dipengaruhi oleh :

  1. Luas permukaan bidang sentuh

Semakin luas permukaan bidang sentuh zat padat, semakin banyak tempat terjadinya tumbukan antar partikel zat yang bereaksi sehingga  akan semakin meningkat.

  1. Konsentrasi reaktan

Semakin tinggi konsentrasi berarti semakin banyak molekul dalam setiap satuan luas ruangan. Semakin banyak tumbukan yang terjadi, berarti kemungkinan untukn menghasilkan tumbukan yang efektif akan semakin besar sehingga reaksi berlangsung lebih cepat.

  1. Tekanan
Baca juga :  Larutan : Kimia UTBK

Jika tekanan meningkat maka volumenya akan berkurang sehingga konsentrasi gas akan meningkat (konsentrasi berbanding terbalik dengan volume).

  1. Suhu

Suhu yang semakin tinggi akan semakin mempercepat reaksi, meningkatnya suhu akan memperbesar energi kinetic molekul reaktan.

  1. Katalis

Katalis adalah suatu zat yang dapat mempercepat, tanpa dirinya mengalami perubahan yang kekal sehingga pada akhir reaksi zat tersebut dapat diperoleh. Katalis dapat mempercepat reaksi dengan cara mengubah jalan reaksinya. Katalis dapat berperan untuk menurunkan energi aktivasi.

Contoh Soal :

a. Berapa pH larutan yang terbentuk bila sebanyak 0,0600 mol NaOH ditambahkan ke dalam 1 L larutan HCl 0,0500 M.

Kembali dulu ke rumus Molartas dan mol. M1. v1 = M2. v2

Carilah kemudian hasilnya!

b. Untuk membuat 500 mL larutan H2SO4 0.05 M dibutuhkan larutan H2SO4 5 M

sebanyak…mL

Cari dengan persamaan rumus seperti di nomor satu.

c. Dari persamaan reaksi 2P + 3Q –> P2Q3 , diperoleh persamaan laju . Jika dalam volume 4 L direaksikan 4 mol P dan 6 mol Q, laju reaksi setelah 30% P bereaksi adalah…

– Samakan dulu reaksinya

– Jika sudah maka  langsung cari laju reaksinya dengan menggunakan persamaan mol.

Nah, itu dia pembahasan Laju Reaksi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526  atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. supercampalumniui.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.