Ada Apa Aja Sih di Jurusan Kedokteran UI?

bimbel kedokteran, les kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedokteran ui

Hai hai hai buat kalian yang mau masuk jurusan kedokteran UI, sudah tau serba-serbi mengenai jurusan ini? Sebaiknya kalian jangan hanya membayangkan indah-indahnya saja ketika nanti sudah lulus atau indahnya dipuja saat kumpul keluarga besar. Kalian juga perlu banget mengetahui seluk beluk jurusan ini lho. Apalagi yang akan dibahas adalah UI si number one in Indonesia.

Mata Kuliah Kedokteran UI

jurusan kedokteran UI
sumber Pixabay

Apa sih yang paling penting dari sebuah jurusan? Iyup, mata kuliahnya dong ya! Nah dari mata kuliah inilah nantinya kalian akan menjadi dokter yang sesungguhnya. Kalian akan mengetahui anatomi manusia, obat, hingga manifestasi klinis dari suatu penyakit.

Ada kalanya setiap universitas yang memiliki jurusan Kedokteran memiliki mata kuliah andalannya masing-masing. Untuk UI sendiri apa saja sih mata kuliahnya? Dilansir dari laman resmi Universitas Indonesia, mata kuliah jurusan Kedokteran khusus jenjang Strata 1 antara lain:

  • Sel dan Genetika
  • Neuroscience
  • Tumbuh Kembang
  • Sel dan Jaringan
  • Respirasi
  • Kemampuan Klinik Dasar
  • Reproduksi
  • Saraf dan Jiwa
  • Infeksi Tropis
  • Empati, etika, profesionalisme
  • Ginjal dan cairan tubuh
  • Sistem Endokrin
  • Gastrointestinal
  • Ilmu Kedokteran Berbasis Bukti
  • Dasar Penatalaksanaan Pasien
  • Sistem pelayanan kesehatan primer
  • Elektif non klinik
  • Dasar kedokteran herbal
  • Patofisiologi
  • Patologi dan penatalaksanaan nyeri
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Biomedik
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Kalau mau sukses di matkul ini ada baiknya kalian nyicil nih ke Les Privat Jakarta biar makin lancar nilai-nilainya.

Yuhu, setelah mengetahui deretan mata kuliah itu, bagaimana tanggapan Sahabat Latis? Masih antusias kan? Tentunya nanti kalian masih akan dihadapi dengan kelanjutan mata kuliah berjenjang. Contohnya mata kuliah Biomedik. Kalian tidak hanya akan menemukannya satu kali. Masih ada seri-seri selanjutnya yang terbagi atas beberapa semester.

Baca juga :  Bingung Pilih Jurusan Spesialis Kedokteran? Cek Artikelnya

Lalu bagaimana dengan program spesialis? Hm, di UI ada beragam spesialis yang dapat diambil, salah satunya Kesehatan Jiwa. Sebenarnya untuk lebih lengkapnya kalian dapat berkunjung ke situs resminya ya!

Baca juga: Les Privat Bogor

Kurikulum FK UI

jurusan kedokteran UI
sumber Pixabay

Sampailah kita pada kurikulumnya. Jadi di UI ini ada program internasional juga lho tapi mimin fokus pada generalnya saja ya.

Kurikulum FKUI merupakan kurikulum pendidikan dokter modern. Ia menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered), berbasis masalah (problem based), terintegrasi horisontal dan vertikal(integrated), berbasis komunitas (community based), memungkinkan paparan terhadap setting klinik lebih awal (early clinical exposure), memberikan pilihan luas kepada mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu yang diinginkan (elective), dan pelaksanaan yang sistematis (systematic). Jadi para calon dokter akan dibiasakan menghadapi masalah guna agar lebih terampil nantinya.

Tujuan pendidikan dokter di sini adalah menghasilkan dokter layanan primer yang mawas diri dan terampil dalam pendekatan holistik, komprehensif, kolaboratif, bersinambung berbasis pencegahan dengan kemampuan pengolahan informasi serta aplikasinya dalam manajemen kesehatan dan berperan sebagai agent of change.

Sebab itulah universitas ini berupaya membentuk lulusan Dokter yang memiliki beberapa karakteristik dan capaian antara lain:

– Kemampuan untuk belajar sepanjang hayat sehingga mampu mengemas ilmu-ilmu kedokteran terkini yang berbasis bukti dalam praktik sehari-hari.
– Mampu untuk mengidentifikasi masalah kesehatan, baik masalah kesehatan individu, keluarga dan komunitas, menganalisis dan mengatasinya secara efektif, efisien, berbudaya dan penuh perikemanusiaan.
– Bersikap profesional dalam berbagai lingkungan kerja, senantiasa mempunyai komitmen tinggi untuk melakukan tugas-tugas profesinya secara penuh tanggung jawab, mengedepankan prinsip-prinsip etika kedokteran, budaya, kolegialitas dan peka terhadap masalah kesehatan masyarakat yang beraneka ragam.
– Dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang tercakup dalam beberapa area kompetensi antara lain:

Baca juga :  Yuk Kita Kupas Tuntas Jurusan Kedokteran Gigi!

A. Profesionalitas

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk melakukan praktek medis profesional sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip agama, moralitas universal, etika, disiplin, hukum dan peraturan, dan norma-norma sosial budaya.

B. Mawas Diri Dan Pengembangan Diri

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk melakukan praktek medis dengan mengenali dan mengatasi keterbatasan pribadi, mengembangkan keterampilan pribadi, menghadiri program pengembangan pribadi untuk terus meningkatkan dan memperbarui pengetahuan, dan meningkatkan pengetahuan pribadi untuk memastikan perawatan terbaik bagi pasien.

C. Komunikasi Efektif

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk memperoleh dan memberikan informasi baik secara verbal maupun non-verbal dari/kepada pasien dari segala usia, anggota keluarga, masyarakat, rekan sejawat, dan profesional lainnya.

D. Pengelolaan Informasi

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk mengaplikasikan informasi kedokteran dan teknologi komunikasi dalam praktik kedokteran

E. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

 

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sesuai dengan perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan terbaru agar dapat meraih hasil yang terbaik.

F. Keterampilan klinis

Kemampuan untuk melaksanakan prosedur klinis—berdasarkan posisi dan kewenangan masing-masing—dalam mengatasi masalah kesehatan sesuai dengan prinsip-prinsip keselamatan pasien, individu, dan masyarakat (universal precaution).

G. Pengelolaan masalah kesehatan

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat secara komprehensif, holistik, koordinatif, dan kolaboratif dalam konteks pelayanan kesehatan primer.

H. Riset

bimbel kedokteran, bimbel masuk fkui, bimbel masuk kedokteran, bimbel kedoktearan ui, bimbel kedokteran online

Sumber : Freepik

Kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah kesehatan dengan melaksanakan penelitian atau mengaplikasikan siklus pemecahan masalah yang terdiri dari beberapa tahap: mengidentifikasi masalah, merencanakan solusi yang tepat, mengimplementasikan solusi, dan menilai keseluruhan proses pemecahan masalah.

I. Pengelolaan kegawat-daruratan 

Kemampuan untuk melakukan prosedur stabilisasi dan resusitasi pada pasien yang menderita kegawatan medis atau bedah.

J. Prosedur Triase

kemampuan yang meliputi penilaian tingkat keseriusan penyakit pasien, baik pada pusat pelayanan kesehatan maupun pada area bencana.

Baca juga :  Biaya Kuliah Kedokteran UI (Universitas Indonesia)

K. Manajemen pelayanan kesehatan

Kemampuan untuk berperan sebagai pemimpin yang dapat melaksanakan proses perencanaan (planning), organisasi, implementasi, dan penilaian dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan individu dan masyarakat (seperti faktor sosial, budaya, ekonomi, lingkungan, serta kebijakan pemerintah, berdasarkan konsep “dokter keluarga.”

Gimana? Panjang banget kan harapannya? Idealnya setelah lulus kalian bisa memenuhi ekspektasi tersebut ya. Makanya penting banget untuk dari sekarang mempersiapkan ikut Les Privat Bekasi atau bisa juga memilih Les Privat Tangerang. Kenapa sih harus dicicil? Ya memang semua tidak bisa langsung dipelajari dalam satu waktu. Kalian harus tau jika memasukkan memori terlalu banyak tidak akan memberi hasil yang efektif.

Menjadi dokter bukan hanya mengejar prestige ya, ada banyak aspek yang harus kalian pahami mulai dari psikologi pasien dan etika menghadapi pasien. Jangan sampai kalian membuat mereka trauma untuk berobat karena sikap yang tidak ada empatinya. Sebab itulah diajarkan mata kuliah etika profesi yang kemungkinan besar di setiap universitas Jurusan Kedokteran pasti dipelajari sama halnya dengan di jurusan Kedokteran UI.

Kunjungi website kami www.bimbel-kedokteran.com atau nomor hp 0858-1077-9967

Baca juga: Les Privat Depok

Referensi:

  1. ui.ac.id
  2. Latiseducation.com

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.