les kedokteran, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel fk, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel masuk ugm, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, karantina ui, karantina snbt, karantina utbk, bimbel snbt, bimbel karantina

Mata Kuliah Kedokteran UNPAD

Kira-kira sahabat Latis mau mengincar Fakultas Kedokteran yang mana nih? Kalo misalkan kalian mau ke UNPAD, udah tau belum mata kuliah Kedokteran UNPAD?

Sekilas Mengenai Mata Kuliah Kedokteran UNPAD

Mata Kuliah Kedokteran UNPAD
Sumber Freepik

Tahukah kalian jika kedokteran UNPAD termasuk dalam kedokteran terbaik di indonesia? Kenapa begitu? karena kalian tidak hanya akan dijejeli mata kuliah yang seabreg tapi juga dijejeli sesuatu yang meningkatkan iman dan takwa.

Jadi memang manusia bukan dewa dan bukan Tuhan. Kalian tetap harus memahami bahwa Tuhan lah yang memberi kekuatan untuk menyembuhkan manusia. Sebelumya kalian sudah pada kenal belum universitas padjadjaran? Jadi universitas ini termasuk ke dalam 10 PTN terbaik di Indonesia. Universitas ini sudah berdiri sejak lama yakni 1953 dan sudah melahirkan banyak mahasiswa cerdas dengan sistem pendidikannya. Untuk fakultas kedokterannya mulai berdiri sejak 1979. Artinya sudah banyak dokter yang dilahirkan di kampus ini ya!

Fakultas kedokteran UNPAD memiliki dua falsafah utama. Pertama adalah kemahalan bagi masyarakat dan yang kedua adalah kebersamaan dalam kesejawatan. Kira-kira siapa pamongnya? Jadi ide pertama kali mendirikan fakultas kedokteran datang dari menteri kesehatan dr, Lie kiat teng pada kongres IDI di surabaya.

Tapi kalian juga harus tau bahwa Fakultas Kedokteran UNPAD menerapkan student centered problem based community oriented early clinical exposure systematic. Maksudnya adalah calon dokter yang menjadi seorang tenaga kesehatan harus terus belajar mandiri. Hal ini memiliki tujuan agar mendorong minat belajar serta melatih pola pikir mahasiswa. Jadi apa aja nih yang perlu kalian siapkan?

Mata Kuliah Kedokteran UNPAD

mata kuliah kedokteran UNPAD
Sumber Freepik

Supaya kalian tidak kaget dengan mata kuliah kedokteran UNPAD, yuk kita cekidot satu per satu!

Anatomi

Ini merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh mahasiswa kedokteran UNPAD. Anatomi isinya adalah mempelajari tentang susunan bagian tubuh dan organ dalam tubuh  manusia. Ini tentu menjadi hal penting yang harus dipahami oleh seorang calon dokter

Biologi Seluler

Tak jauh beda dengan anatomi, biologi seluler merupakan salah satu jenis ilmu yang juga sangat penting di dunia kedokteran. Apa sih biologi seluler itu? Pada mata kuliah ini kalian akan mempelajari ilmu biologi di tingkat seluler atau sel pembentukan tubuh manusia.

Baca juga :  Sistem dan Jaringan Tumbuhan : Biologi UTBK
Metabolisme dan Energi

Apa pentingnya mempelajari ini? Ini merupakan ilmu kedokteran di mata yang membantu kalian belajar tentang sistem metabolisme tubuh dan energi yang dihasilkan oleh tubuh.

Genetika

Di UNPAD, mata kuliah yang juga wajib dan kudu dipelajari adalah  genetika. Mata kuliah ini merupakan ilmu genetika atau penurunan gen pada manusia. Mungkin di bangku SMA kalian sudah pernah mendapatkannya tapi pastinya tidak sedetail di Fakultas Kedokteran UNPAD dong ya!

Ilmu Penyakit Dalam

Sekalipun memang ada sub spesialisnya, tapi mata kuliah ilmu penyakit dalam juga dipelajari di semester awal sebagai calon dokter. Di sini kalian akan mempelajari tentang berbagai jenis penyakit dalam serta bagaimana cara kalian mengatasi nya. Sangat penting untuk kalian pahami ya!

Ilmu Bedah

Walaupun belum tentu akan menjadi dokter spesialis bedah, calon dokter harus memiliki pengetahuan dasar mengenai ilmu bedah. Kemampuan dasar ini wajib dikuasai karena penanganan luka dan lainnya yang mendasar juga membutuhkan ilmu ini.

Secara umum, jurusan Kedokteran Universitas Padjadjaran seperti apa?

Jadi sebagai tambahan informasi ya sahabat Latis, masa pendidikan kedokteran UNPAD itu totalnya adalah 5 tahun. Ini terbagi menjadi 7 semester untuk sarjana kedokteran dan program profesi selama 1,5 tahun. Jadi bedanya mungkin di beberapa universitas masih ada yang waktu studinya itu 4 tahun untuk sarjana dan 2 tahun untuk koas.

Normalnya semua itu berlangsung selama 3 tahun. Kalian nantinya akan belajar di Jatinangor yang ada di Kabupaten Sumedang, nah siapa yang bilang Unpad itu di Bandung? Setelah 3 tahun baru deh kalian akan lanjut pendidikan di Bandung.

Kalian juga akan mengalami fase transisi menuju fase klinis saat di Bandung. Jadi di semester 7 kalian akan merasakan ini sambil belajar ke puskesmas-puskesmas. Setelah selesai sarjana lalu dilanjutkan dengan koas. Selama koas kalian akan belajar keliling di 17 stase/departemen yang ada di RS. Hasan Sadikin Bandung sebagai rumah sakit umum pendidikan Unpad atau ada juga rumah sakit rujukan daerah yang berafiliasi dengan kedokteran Unpad.

Untuk metode belajarnya kalian akan belajar dari kasus-kasus yang sering terjadi. Di semester awal kalian masih belajar mata kuliah umum dan dasar-dasar kedokteran. Semester selanjutnya belajar per sistem organ, nah manusia itu kan ada kulit, organ reproduksi, dan pencernaan.

Baca juga :  Berikut 5 Tahapan Kuliah Jurusan Kedokteran

Metode ujiannya juga ada 2 secara garis besar dan biasanya ada pilihan ganda untuk menguji pengetahuan dan SOCA (student objective case analysis) yang berasal dari kasus-kasus yang sudah kalian pelajari. Ini semua akan diujikan di depan 2 dokter namun tidak satu pun mahasiswa tau akan diujikan apa. Inilah penentunya karena porsi penilaiannya 40% dan kasusnya banyak. Bisa jadi yang dipelajari atau enggak, karena memang namanya juga dokter kalian tidak aka pernah tahu pasien datang dengan keluhan apa. Satu lagi tambahannya adalah OSCE yang berupa menguji kemampuan kapabilitas menangani pasien, jadi kalau misal kalian datang ke dokter dan dokter gemar bertanya, ini akan menjadi metode ujian dan ada pemeriksaannya.

Informasi terakhir, hingga angkatan 2019 kalian akan belajar berdasarkan kasus langsung ke ranah klinis. Akan tetapi pada angkatan 2020 terjadi perubahan karena COVID-19 Angkatan 2020 belajar lebih ke arah design thinking dan belajarnya dari luar terlebih dahulu, contohnya belajar kasus tentang corona, mekanisme sistem kesehatan di Indonesia dan epidemiologi.

Selanjutnya, mata kuliahnya itu untuk di semester 1 :

Fundamental basic science atau dasar-dasar ilmu kedokteran. Kalian akan mulai dikenalkan dengan istilah anatomi, faal, histologi, mikrobiologi, farmakologi, bikomia. Ini akan menjadi dasar untuk masuk ke dunia klinis.

Semester selanjutnya akan belajar per sistem organ. Satu semester itu akan belajar 2 sistem. Semester 2 akan belajar sistem kulit dan otot, sistem darah dan imunitas.

Lalu semester 3 akan belajar endokrin dan metabolisme serta sistem saraf dan panca indera.

Semester 4 belajar tentang jantung dan paru-paru.

Kemudian, semester 5 belajar tentang sistem pencernaan dari mulut sampai anus, serta sistem pembersihan pada tubuh dan kelamin pada pria.

Lalu di semester 6 itu kita belajar tentang kandungan, mulai dari pertemuan sperma dan ovum jadi bayi hingga saat kalian mengurus anak. Kalian juga belajar tentang ginekologis yang biasanya mengenai kanker dan kebanyakan terjadi pada wanita.

Semester 7 ini belajar tentang kedokteran keluarga yang fokusnya adalah ilmu kesehatan masyarakat, tentang bagaimana kalian mentreatment pasien tidak hanya penyakitnya tapi juga fokus ke pasiennya itu sendiri. Juga belajar tentang tropical medicine yaitu tentang penyakit yang hanya ada di iklim tropis. Setelah itu barulah lanjut koas.

Baca juga :  Cari Bimbel Karantina Kedokteran Berkualitas? Temukan disini
Praktikum di Kedokteran Universitas Padjadjaran

Berhubung kita sedang membahas fakultas kedokteran, jadi kita harus paham kebiasaan dan harus punya kesigapan serta keterampilan baik itu komunikasi verbal maupun melakukan penanganan. Ada 2 garis besar praktikum, yaitu skills lab dan lab Activities. Skills lab ini menaungi bagaimana caranya kalian treat pasien. Dimulai dari kalian bertanya-tanya hingga melakukan pemeriksaan misalnya dengan menggunakan stetoskop. Sedangkan lab Activities itu menaungi yang di luar dan cenderung seperti pemeriksaan penunjang dan lanjutan. Misalnya ada pasien sakit jantung kita bisa cek kadar darahnya atau EKG. Konteksnya bukan lagi hands on tapi kita butuh bantuan alat kaya Xray, MRI, CTscan, dll tergantung kebutuhan.

Jika kalian menyukai hal baru, kedokteran selalu memberikan hal baru. Kalian dituntut untuk belajar terus. Akan menarik ketika kalian melakukan itu ke diri kalian sendiri. Contoh salah satu praktikum yang berkesan itu saat kita menguji urine kita tapi yang laki-laki. Jadi 5 menit sekali kita disuruh buang air kecil.

Untuk soal laboratorium, satu yang membuat terkesan adalah ketika ngecek sel darah putih, dari mulai membuat sediaan sampai ngecek ternyata bener tuh bentuknya bulet-bulet, bentuknya monofil, basofil, dan lainnya. Ilmu ini sangat berguna untuk keluarga kita nantinya. Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenarnya tidak ada kelompok keahlian. FK UNPAD belum memiliki spesialisasi sampai kita melanjutkan pendidikan lanjutan spesialis. Spesialis memiliki banyak jurusan dan Jadi itu di next step setelah jadi dokter, bekerja dan tes lagi untuk ikut program spesialis.

Gimana? udah tau kira-kira masalah kampusnya mau dimana? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian

Referensi:

1. kuliah123.com

2. passgrad.com

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.