Perbedaan UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023

Hai sahabat Latis, sudah siap menghadapi tahun 2023? Kalo iya, kalian juga harus  tau dong tentang apa yang kalian nanti-nantikan yaitu SNBT! Wah apaan nih? Nah inilah perbedaan UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023. Apa aja nih?

Perbedaan UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023

perbedaan UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023
sumber Freepik

Info terkini nih buat sahabat Latis! Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mengubah SBMPTN menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Tapi jangan khawatir karena tujuannya masih sama yaitu untuk seleksi secara ujian tertulis, tetapi terdapat beberapa perbedaan dari UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023.

Perbedaan dari UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023 terletak pada materi yang akan diujikan. Sebelumnya kalian diharuskan untuk mengikuti mata pelajaran yang disebut Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

SNBT tahun depan, peserta hanya diwajibkan mengikuti tes TPS saja. Tes SNBT hanya akan melaksanakan satu tes saja, yaitu TPS yang terdiri dari potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Nanti kita akan bahas ya lebih rincinya.

Besok juga kalian tidak akan menemukan lagi kelompok peminatan SAINTEK, SOSHUM, dan Campuran dalam proses ujian atau tes seleksinya. Hal ini dikarenakan pengelompokkan mata pelajaran di dalam tes TKA dihapuskan dan diganti dengan tes TPS saja.

Sekarang kita beralih ke daya tampung. Menurut Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022, daya tampung dari SNBT untuk setiap program studi di PTN selain badan hukum ditetapkan minimal 40 persen. Sementara, daya tampung untuk program studi di PTN badan hukum ditetapkan minimal 30 persen. Nanti mimin jabarkan lagi rincinya.

Sedangkan jadwal peaksanaan SNBT dilakukan pada semester akhir tahun ajaran berjalan yang diselenggarakan sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah sampai dengan setelah pengumuman kelulusan. Pengumuman hasil seleksi SNBT akan dilakukan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah

Jadwal SNBT 2023:

1. Registrasi Akun SNPMB-BPPP : 16 Februari – 03 Maret 2023

2. Pendaftaran UTBK-SNBT : 23 Maret – 14 April 2023

3. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 08 – 14 Mei 2023

4. Pelaksanaan UTBK Gelombang Il : 22 – 28 Mei 2023

Baca juga :  Jalan Pintas Masuk Kedokteran Melalui Bimbel SNBT

5. Pengumuman Hasil SNBT : 20 Juni 2023

6. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 26 Juni – 31 Juli 2023

Sudah ada gambaran? Sekarang waktunya mimin menjelaskan sedetail-detailnya!

Apa itu UTBK?

UTBK merupakan ujian tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Apa Saja Materi yang Diujikan?

Salah satunya adalah TKA. Tes Kompetensi Akademik sendiri ada dua, yaitu TKA Saintek untuk siswa yang memilih jurusan saintek dan TKA Soshum untuk siswa yang memilih jurusan sosial humaniora.

Masih kurang jelas? Yuk kita lihat apa aja sih tesnya TKA Saintek dan TKA Soshum!

A. Tes Potensional Skolastik

Tujuan utama dari tes ini yaitu untuk mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal. Materi yang diujikan antara lain sebagai berikut:

  • Kemampuan Penalaran Umum
  • Kemampuan Kuantitatif,
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
B. Bahasa Inggris

Mengapa ini penting? Tes ini untuk mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

C. Tes Kemampuan Akademik

Berguna untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan ini sangat erat kaitannya dengan jurusan di kuliah. Fokusnya adalah kepada mata pelajaran yang fokus langsung dengan jurusan, bukan umum. Tujuannya untuk menguji kecocokan siswa dengan jurusan.

Misalnya jika kalian menginginkan jurusan kedokteran, maka siswa harus bisa menguasai mata pelajaran terkait dengan ke-IPA-an terutama Kimia dan Biologi.

Jadwal UTBK 2022

UTBK hanya bisa kalian ikuti sebanyak 1 kali selama satu tahun.

Lalu Apa Itu SNBT 2023?

perbedaan UTBK2022 dan UTBK SNBT 2023
sumber freepik

Jadi, SNBT berbeda dengan UTBK SBMPTN. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) ini dilaksakan oleh BP3 Kemdikbud dan bukan dibawah LTMPT lagi. Di tahun ini LTMPT sudah dinonaktifkan dan resmi digantikan langsung oleh BP3 berdasarkan keputusan.

Selain itu materi ujian untuk SNBT lebih ringkas daripada seleksi masuk perguruan tinggi UTBK. Di tahun depan kalian akan menemukan  penghapusan TKA Saintek dan Soshum serta hanya mengusung TPS saja dalam seleksi ini. Nah untuk TPS nya sendiri juga memiliki perbedaan. Apa saja yang termasuk di dalam tes?

  • Potensi kognitif
  • Penalaran matematika
  • Literasi dalam bahasa Indonesia
  • Literasi dalam bahasa Inggris
Baca juga :  Sudut, Bangun Datar, dan Garis : Tes Potensi Skolastik

Kapan pelaksanaannya? Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga telah menerbitkan keputusan Nomor 346/P/2022 tentang tim persiapan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru pada PTN tahun 2023. Tugas mereka yaitu melakukan persiapan dan penyusunan bahan pelaksanaan seleksi tahun 2023.

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, BP3 yang mengatur penyelenggaraan SNBT berada di bawah Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek. Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, telah melantik Kepala BP3 Rahmawati pada 8 September 2022. Kalian dapat mengeceknya pada akun resmi instagram untuk BP3, yaitu @snpmb_bp3

Perbedaan lainnya adalah jumlah SNBT yang bisa diikuti dalam setahun. Jadi SNBT akan dilaksanakan beberapa kali dalam setahun. Peserta didik dapat mengikuti maksimal 2 kali SNBT.

Perbedaan UTBK 2022 dan UTBK SNBT 2023 yang mendasar adalah adanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada SNBT 2023. Pesertanya juga terbaats yaitu khusus siswa kelas 12 (lulusan 2023), sementara peserta UTBK adalah siswa lulusan 2023, 2022, dan 2021 asal SMA, MA, SMK, dan Paket C.

Seleksinya adalah untuk UTBK berdasarkan nilai akademik (rapor) saja, atau nilai akademik + prestasi lain yang ditetapkan PTN.

SNBT: Berdasarkan hasil tes UTBK saja, atau hasil UTBK + kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Hasil tes UTBK ini dapat digunakan di Jalur Mandiri PTN tertentu.

Oke, soal biaya juga disinyalir di kisaran Rp 200.000 dan bagi siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat gratis biaya seleksi lewat Program KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Jadi untuk pesertanya adalah Siswa eligible (yang berhak ikut UTBK) kelas 12 di SMA, MA, SMK, ditentukan dari proses pemeringkatan oleh sekolah, jumlahnya ditentukan dari akreditasi sekolah, usia maksimal 25 tahun.

Untuk SNBT: Siswa lulusan SMA, SMK, MA, dan Paket C lulusan 2021, 2022, dan 2023, usia maksimal 25 tahun.

Bicara soal kuota, UTBK Minimum 20 persen. SNBT: Minimum 40 persen, khusus PTN Badan Hukum (PTN-BH) minimum 30 persen.

Baca juga :  Kesetimbangan Kimia : Kimia UTBK

Ketika kita hendak melihat data PPDS, Sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan data sekolah dan data siswa eligible (lulusan 2023 dan ikut UTBK)

Untuk SNBT, Sekolah tidak mengisikan data siswa peserta SNBT dari sekolahnya di PDSS. Calon peserta SNBT mengisi data diri secara mandiri di tahap registrasi akun SNPMB.

Jumlah Peserta per Sekolah
UTBK: Sekolah dengan akreditasi A dapat mengirim 40 persen siswa terbaik di sekolah, sekolah akreditasi B dapat mengirim 25 persen persen siswa terbaik, dan sekolah akreditasi C serta lainnya dapat mengirim 5 persen siswa terbaiknya. Untuk itu, sekolah melaksanakan pemeringkatan siswa.

SNBT: Tidak ada batasan jumlah siswa di sekolah yang dapat ikut SNBT 2023. Namun, siswa yang lulus PTN lewat SNBP 2023 tidak boleh ikut SNBT. Eh bingung juga ya!

Selanjutnya untuk pilihan Prodi Tujuan,
UTBK: Maksimal 2 prodi, dari 1 atau 2 PTN. Jika memilih 2 prodi, salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal. Jika memilih 1 prodi, dapat memilih PTN di provinsi manapun.

SNBT: Maksimal 2 prodi di 1 atau 2 PTN.

Pilihan prodi D3, D4, dan S1 di UTBK dan SNBT tidak dibatasi asal jurusan di SMA/SMK/MA/sederajat (Merdeka Bertanggung Jawab).

Masih ada tes lainnya ya!
UTBK: Tidak ada tes, tetapi siswa pemilih prodi Seni dan Olahraga wajib mengirimkan portofolio.

SNBT: Ada tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematik, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris. Ada juga kriteria lain yang dapat ditetapkan bersama oleh PTN. Siswa pemilih prodi Seni dan Olahraga juga wajib mengirimkan portofolio. Aduh sebenarnya sedikit membingungkan ya ga sih? Tapi tenang saja masih ada waktu untuk mendalami informasi yang ada. Tetap semangat ya Sahabat Latis!

Gimana? udah tau belum kalian kira-kira  kampusnya mau dimana? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian

Referensi:

1. Tempo.com

2. Deepublishstore.com

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.