les kedokteran, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel fk, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel masuk ugm, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, karantina ui, karantina snbt, karantina utbk, bimbel snbt, bimbel karantina

Mata Kuliah Kedokteran Gigi

Aloha para calon dokter gigi! Udah cari tau apa aja mata kuliah kedokteran gigi? Jurusan Kedokteran Gigi adalah ilmu yang mempelajari perawatan kesehatan di daerah gusi dan gigi. Dokter gigi juga berperan sangatlah penting, bukan hanya menjaga kesehatan mulut, tapi juga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalau kalian mau jadi Dokter gigi, kalian perlu menguasai ilmu kedokteran dasar sama seperti yang dipelajari calon dokter (dokter umum) di fakultas kedokteran (FK).

Mata Kuliah Kedokteran Gigi dan Pilihan Karier

Mata kuliah kedokteran gigi
Sumber Freepik

Ilmu Kedokteran Gigi sangat berkaitan dengan syaraf yang ada di leher dan kepala. (Ini berkaitan dengan infeksi lanjutan pada gusi yang bisa menyebabkan gusi meradang. Tidak hanya itu, bahkan juga membentuk kantong nanah dan membentuk plak lebih banyak. Kuman-kuman dari kantong nanah ini kemudian bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan akhirnya menjadi sumber berbagai penyakit kronis. Oleh sebab itu, kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi tidak boleh diabaikan. Jadi cakupan mata kuliah kedokteran gigi juga meliputi aspek estetika atau keindahan pada gigi, gusi, dan mulut.

Informasi untuk kalian nih sahabat Latis, Pendidikan Jurusan Kedokteran Gigi terbagi atas 2 tahap yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesi.

– Pendidikan akademik lamanya 8 semester (4 tahun),

–  Pendidikan profesi 4 semester (2 tahun).

Jadi, total kuliah dokter gigi adalah selama 12 semester atau 6 tahun. Setelah itu kalian harus mengikuti ujian kompetensi yang diselenggarakan secara nasional di bawah supervisi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi.

Uji kompetensi tersebut secara nasional merupakan ujian khusus bagi lulusan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Setelah menempuh pendidikan dokter gigi selama 6 tahun kalian masih harus mengikuti internsip selama 1 tahun. Internsip merupakan kegiatan pemahiran dan pemandirian yang biasanya dilaksanakan di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Dalam rangka pemerataan, internsip ini biasanya dilaksanakan di daerah-daerah terpencil. Jadi mau tidak mau kalian harus siap ya!

Kedokteran gigi adalah pekerjaan yang mulia karena kalian akan membantu pelayanan kesehatan. Artinya kalian membantu menangani kesehatan mulut serta memberikan edukasi dengan cara menjaga kesehatan pada pasien. Siapa tau di masa depan orang-orang akan mulai memperhitungkan pelayanan kesehatan gigi sebagai kebutuhan primer, terutama dengan peningkatan usia penduduk yang juga memaksa mereka memperbaiki dan mempertahankan kesehatan mulut, kualitas hidup hingga penampilannya.

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Cakupan dari Kedokteran Gigi cukup luas. Semakin mendalami sub ilmu kedokteran gigi, kalian akan menemukan lebih banyak ilmu menarik yang lain yang dapat kalian pilih sebagai spesialis. Apalagi spesialis lanjutan dokter gigi masih sangat kurang jumlahnya di Indonesia. Kalian perlu memahami juga jika dokter gigi merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang cukup tinggi di sebagian besar negara di dunia karena tidak terbatas hanya berkarir dengan melakukan penanganan langsung pada pasien. Namun juga berkecimpung dalam pelayanan rumah sakit dan layanan kesehatan masyarakat. Kemudian dengan menjadi dokter gigi, hidup kak akan mejadi lebih seimbang karena pekerjaan ini memberikan kalian fleksibilitas waktu untuk mengatur keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaaan.

Jadi lulusan Jurusan Kedokteran Gigi dipersiapkan menjadi seorang dokter gigi yang handal. Dokter gigi ini dapat bergabung sebagai tenaga medis di rumah sakit baik pemerintah, swasta, maupun klinik, dan puskesmas.

Jadi apabila kalian tidak ingin terjun ke dunia klinis, kalian bisa mengembangkan potensimu ke bidang lain, seperti akademis, lembaga penelitian, manajemen rumah sakit, dan lainnya. Bahkan kalian juga dapat menjadi seorang peneliti. Profesi ini sangat cocok untuk siapa saja yang senang melakukan eksperimen.

Kalian tidak suka itu semua? Tenang, kalian masih bisa menjadi dosen atau membuka dental care sendiri. Pilihan profesi lainnya yaitu prothodontik yang menangani rekonstruksi gigi ortodontik. Periodontik atau ahli struktur gigi adalah pekerjaan untuk meneliti secara khusus gigi dan unsur pembentuknya.

Pecinta anak-anak dapat memilih kedokteran gigi anak yang bertugas menangani tumbuh kembang gigi anak – anak. Kalian juga masih ada pilihan sebagai patologi mulut yang berfokus pada penanganan ragam penyakit yang menyerang jaringan lunak dan keras pada rongga mulut serta rahang.

Perkuliahan Kedokteran Gigi

Mata kuliah kedokteran gigi
Sumber Freepik

Proses perkuliahan Jurusan Kedokteran Gigi berlangsung dalam bentuk teori dan praktek yang mana membahas ilmu kedokteran gigi dasar, konservasi gigi, endodontik, periodonsia, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu kesehatan gigi mulut , ilmu biologi oral, radiologi dan lainnya. Kalian juga akan memerlukan  banyaknya skill dan praktikum yang beragam jenis. Kenapa begitu? Ya karena kalian akan membutuhkan banyak keterampilan tangan. Kaliam akan belajar caranya mencetak gigi, memasang kawat gigi, atau cabut gigi, dan lain-lain.

Baca juga :  Keanekaragaman dan Klasifikasi Makhluk Hidup : Biologi UTBK

Bagi yang menginginkan peminatan, kedokteran Gigi memiliki beberapa spesialisasi jurusan. Sesuai juga dengan banyaknya cabang ilmu dan konsentrasi di bidang ini. Berikut beberapa diantaranya:

–  Dentistry Oral health

– Dental Health Science

– Dental Prosthetics

– Dental Technology

– Dental Surgery

– Orthodontics

– Oral implant

– Oral medicine and oral pathology

– Pediatric Dentistry

– Periodontics

– Prosthodontics

– Special Care Dentistry

– dan lainnya.

Mata Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

 

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Kedokteran Gigi:

  1. Biomedik
  2. Ilmu Kedokteran Dasar
  3. Ilmu Kedokteran Gigi Dasar
  4. Tumbuh Kembang
  5. Karies Gigi
  6. Penyakit/ Kelainan Jaringan Keras Gigi
  7. Penyakit/ Kelainan Pulpa dan Periapeks
  8. Penyakit/ Kelainan Jaringan Penyangga Gigi
  9. Gangguan /Kelainan Tumbuh Kembang dan Oklusi
  10. Skills Lab Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital
  11. Skills Lab Material Kedokteran Gigi dan Anatomi Gigi
  12. Skills Lab Restorasi (dengan prinsip intervensi minimal) dan RKG
  13. Skills Lab Perawatan Saluran Akar
  14. Restorasi Pasca Endo dan RKG
  15. Skills Lab Penatalaksanaan Penyakit/Kelainan Jaringan Penyangga Gigi
  16. Skills Lab Tracing Sefalometri Lateral dan Interpretasi Radiografik
  17. Rehabilitasi Sistem Stomatognatik
  18. Penyakit/Kelainan Jaringan Lunak Mulut dan Kelainan Oromaksilofasial
  19. Skills Lab Alat Ortho Lepas dan Gigi Tiruan Cekat
  20. Skills Lab Ekstraksi
  21. Odontektomi dan Kegawatdaruratan
  22. Skills Lab Pembuatan Gigi Tiruan Lepas Sebagian dan Penuh

Dari semua itu, maka karakter yang sesuai antara lain:

  • Teliti
  • Tekun
  • Detail
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Gemar berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Mandiri
  • Gemar riset
  • Terampil komunikasi
  • Pemecah masalah

Yuk kita bahas satu per satu ilmu itu!

Ilmu Kedokteran Gigi Dasar

Kalian akan mendapatkan mata kuliah ilmu kedokteran gigi dasar di awal tingkatan. Mata kuliah ini merupakan tahap perkenalan sebelum kalian memasuki pembelajaran yang lebih serius.

Penyakit Pulpa Dan Periapikal

Selanjutnya kalian juga akan belajar mengenai penyakit yang bisa menyerang gigi pasien. Salah satunya adalah penyakit pulpa dan periapikal. Di mata kuliah ini kalian akan belajar mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Baca juga :  6 Syarat Masuk Jurusan Kedokteran
Karies Gigi

Mengapa kalian perlu mempelajari ini? Karena satu masalah umum yang sering ditemui pada gigi adalah karies. Kalian akan mendapatkan mata kuliah kedokteran gigi terkait cara menangani masalah karies pada gigi, baik penanganan dalam bentuk pencegahan maupun pengobatan.

Sistem Stomatognatik

Ada pula sistem stomatognatik, yaitu suatu sistem yang berada pada rongga mulut. Kalian akan belajar tentang bagian-bagian dan fungsi masing-masing dari sistem ini. 

Kepaniteraan

Mata kuliah ini termasuk dalam perkuliahan profesi kedokteran gigi. Perkuliahan ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

– kepaniteraan periodontologi

– bedah mulut

– konservasi

– ortodonsi,

dan sebagainya.

Etika, Hukum, Dan Forensik KG

Agar menjadi dokter gigi profesional, Kalian perlu juga mengetahui etika profesi pada jurusan ini. Oleh sebab itu kalian akan mendapatkan perkuliahan mengenai etika, hukum, dan forensik kedokteran gigi agar yang kalian lakukan sesuai dengan kode etik yang berlaku.

Epidemiologi Dan Pencegahan KG

Ini merupakan perkuliahan mengenai epidemiologi dan pencegahan penyakit pada gigi. Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit. Jadi untuk mengimbanginya, kalian perlu juga belajar mengenai cara pencegahannya.

Gerontologi

Kalian juga akan mendapatkan gerontologi. Pada perkuliahan ini, kalian akan belajar menangani masalah gigi khusus pada orang dengan usia lanjut.

Oromaksilofasial

Kalian juga akan mempelajari bagian mulut dan daerah maksilofasial yang meliputi rahang, leher, dan wajah. Hal ini karena memang gigi itu ada di area tersebut, ya kan?

Mata Kuliah Umum

Selain perkuliahan yang memang berhubungan erat dengan kedokteran gigi, mahasiswa jurusan ini juga akan mendapatkan beberapa perkuliahan yang termasuk dalam perkuliahan umum, sama halnya di sekolah dasar 12 tahun seperti bahasa inggris, pendidikan kewarganegaraan, pancasila, pendidikan agama, dan pengetahuan sosial dan budaya.

Gimana? udah tau kira-kira masalah kampusnya mau dimana? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian

Referensi:

Gramedia.com

bic.id

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.