Mata Kuliah Kedokteran

Sahabat Latis, sudahkah kalian siap menjadi calon dokter? Kalo iya nih, apakah kalian sudah tau mata kuliah apa saja yang perlu dipelajari?Menjadi mahasiswa kedokteran mungkin memang impian banyak orang. Namun selain menyiapkan biaya pendidikan yang terbilang cukup mahal, kalian juga harus bersiap dengan segudang pelajaran yang harus dipelajari.

10 Mata Kuliah Kedokteran Yang Dipelajari

Mata kuliah kedokteran
Sumber Freepik

Buat kalian yang belum ada gambaran mengenai apa yang harus dipelajari, sekarang mimin spill ya!

1. Anatomi

Ini merupakan mata kuliah wajib mahasiswa kedokteran karena isinya tentang mempelajari mengenai susunan bagian tubuh beserta organ di dalam tubuh manusia.

Kenapa penting? Sebab kalian nanti harus mengetahui gangguan-gangguan yang terjadi di organ yang mana sehingga seseorang membutuhkan penanganan yang sesuai dengan letak gangguannya. Ga mungkin kan orang sakit kepala tapi diberi obat sakit perut?

2. Kardiovaskuler

Setelah menjelajahi sistem anatomi tubuh manusia, kalian juga perlu mempelajari sistem Kardiovaskuler. Mempelajari mengenai sistem kerja organ jantung dan juga pembuluh darah. Ini adalah ilmu wajib yang harus dikuasai oleh semua calon dokter.

Kenapa? Sebab organ tubuh manusia dikendalikan oleh sistem kardiovaskular. Ketika ini bermasalah, maka tentunya akan menyebabkan banyak gangguan pada organ tubuh lainnya akibat tersendatnya supply oksigen pada darah.

3. Reproduksi

Sebagai makhluk hidup, manusia tentu bereproduksi. Reproduksi Mempelajari mengenai saluran atau organ reproduksi di tubuh manusia. Sekaligus berbagai jenis penyakit yang bisa terjadi di saluran reproduksi. Untuk mempertahankan spesiesnya, manusia harus bereproduksi. Sebab itulah akan menjadi masalah jika seseorang tidak dapat bereproduksi.

4. Respiratori

Makhluk hidup harus bernafas agar tetap hidup. Respiratori yang mempelajari mengenai saluran pernafasan dan berbagai penyakit di saluran ini sekaligus cara mengobatinya. Karena ini krusial, setiap calon dokter memang wajib mempelajarinya.

5. Ilmu Bedah

Suka tidak suka ada kalanya dokter harus melakukan bedah ringan. Mahasiswa di kedokteran juga akan mendapatkan mata kuliah ilmu bedah. Ilmu ini mempelajari mengenai cara melakukan pembedahan atau operasi.

Meskipun tidak semua dokter di masa depan menjadi ahli bedah kecuali mengambil spesialis bedah, ilmu ini wajib dimiliki mengingat kecelakaan ringan pun sering membutuhkan pembedahan kecil sekaligus penjaitan untuk menutup luka yang cukup dalam. Jika tidak segera tertangani tentu akan kehilangan banyak darah dan ini berakibat fatal.

Baca juga :  Detail untuk Biaya Kuliah Kedokteran di UNAIR dan UNDIP
6. Ilmu Penyakit Dalam

Melalui mata kuliah ini mahasiswa kedokteran akan mengenal berbagai jenis penyakit dalam, cara pemeriksaan, dan menentukan obat maupun metode pengobatan yang tepat. Bahkan pencegahan penyakit serius pun dapat berlaku dengan ini.

7. Gastrointestinal

Pelajaran ini mempelajari saluran pencernaan dan proses pencernaan di dalam tubuh manusia. Disini, mahasiswa kedokteran akan memahami sistem pencernaan manusia secara mendalam. Kenapa penting? Karena manusia setiap hari harus mendapat asupan makan minum.

Jika terjadi masalah dalam gastrointestinal maka akan menyebabkan terganggunya aktivitas manusia.

8. Metabolisme & Energi

Metabolisme & Energi adalah ilmu yang mempelajari tentang sistem metabolisme tubuh dan energi yang dihasilkan oleh tubuh. Mengapa penting? Agar calon dokter dapat mengetahui kapan metabolisme seseorang dikatakan abnormal yang nantinya ini akan menjadi tanda-tanda adanya suatu penyakit.

9. Biologi seluler

Seperti yang dipelajari di mata kuliah anatomi, biologi seluler akan mempelajari ilmu biologi di tingkat yang lebih komplek, yaitu di tingkat perkembangan sel. Kalian akan mempelajari bagaimana sel dapat berkelompok dan berkembang menjadi jaringan. Lalu jaringan berkembang menjadi organ, lalu menjadi sistem organ, hingga akhirnya membentuk suatu makhluk hidup. Di sini kalian dituntut untuk banyak menghafal.

10. Genetika

Genetika merupakan mata kuliah yang mempelajari ilmu genetika atau penurunan gen pada manusia. Sebagai calon dokter, tentunya kamu harus harus memahami dengan baik mengenai ilmu genetika.

5 Kemampuan Dasar Pendukung Mata Kuliah Kedokteran

Mata kuliah kedokteran
Sumber Freepik

Tidak hanya pintar atau kuat mempelajari teori, para calon dokter juga harus memiliki kemampuan pendukung lainnya. Selain mata kuliah yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap calon mahasiswa kedokteran harus menguasai kemampuan dasar untuk mendukung penguasaan materi selama perkuliahan. Kemampuan dasar ini sifatnya cenderung bersifat non akademis dan kombinasi antara kognitif dan afektif yang baik.

Apa saja ya?

A. Pemahaman yang Kuat dan Seimbang antara Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika

Banyak yang mengira mata kuliah kedokteran hanya membahas pelajaran biologi. No no no. Coba kalian gali lebih dalam ya. Kalo dicek kembali, dalam setiap matkul di kedokteran itu akan mempelajari hal yang lebih detail. Lagipula tubuh manusia pun terbentuk dari berbagai susunan sel, jaringan, dan sistem organ yang kompleks. Artinya, butuh pemahaman yang seimbang antara pelajaran lainnya.

Baca juga :  Top 10 Universitas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Umpamanya begini, setiap sel dapat berkembang membentuk jaringan karena adanya reaksi kimia. Proses pencernaan makanan di dalam lambung pun erat hubungannya dengan proses kimia. Selain itu, dibutuhkan pula kemampuan fisika dalam implementasi berbagai alat kedokteran, seperti X-Ray, USG, dan alat rekam jantung.

Agar dapat menghitung dan memastikan semuanya sesuai dengan perhitungan yang tepat, dibutuhkan kemampuan matematika yang sepadan. Jadi semua sangat berkaitan. Dosis obat yang tepat berapa, kandungan obatnya akan bekerja di organ yang mana, dan sebagainya. Harus dikupas sedetail-detailnya ya kan?

B. Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Waduh, sudah mempelajari matang-matang Fisika, Kimia, Biologi, DNA Matematika, ternyata masih ada lagi nih. Mata kuliah kedokteran erat dengan menghapal berbagai istilah, dan kebanyakan materi tersebut berasal dan luar negeri. Jadi sudah pasti kalian paling tidak harus menguasai Bahasa Inggris sedikit-sedikit. Ini menjadi syarat utama supaya kalian tidak planga plongo. Bahkan, tidak sedikit yang harus menggunakan istilah Bahasa Latin, lho!

Emang tidak ada buku terjemahan?Proses penerjemahan bahasa  biasanya membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa berbeda hingga 5 tahun antara versi Indonesia dengan versi original. Artinya, kalau kalian hanya mengandalkan materi versi bahasa Indonesia, kemampuan dan pengetahuan kalian sudah pasti ketinggalan.

Selain itu, ilmu di dalam kedokteran sifatnya universal yang mana satu kasus dapat ditemukan juga di negara lain. Nah kalian bisa mencari banyak referensi solusi kalau kalian bisa berbahasa Inggris. Contoh aja covid ini ternyata penanganan di luar negeri begitu, bisa ga di Indonesia juga begitu? Nah kalo kalian bahasanya Inggrisnya masih low, otomatis informasi di negeri nan jauh di Mato ga bisa tercerna dengan baik. Jadi kalo ada yang bahas itu, kalian roaming deh.

C. Memiliki kondisi mental yang baik dan stabil

Kalian harus bisa kasi contoh pola hidup yang baik. Nah, ini salah satu hal paling penting yang harus dimiliki mahasiswa kedokteran. Mulai dari perkuliahan aja mental kalian sudah diuji oleh alur kuliah yang berat. Jangan dikira santai banget ya mulai dari berbagai tugas teori dan praktik yang menyita waktu dan tenaga sampai memikirkan masa depan juga.

Baca juga :  Raih Mimpimu dengan Beasiswa Jurusan Masuk Kedokteran

Ritme perkuliahannya pun berlangsung cepat dan padat. Artinya, kuliah kedokteran membutuhkan komitmen tingkat tinggi bagi diri sendiri dan inilah yang susah. Kalau sudah maju, jangan mundur lagi ya! Kasian biayanya juga kan.

Setelah menyelesaikan di teori perkuliahan, tantangan sesungguhnya pun dimulai. Selama praktik bekerja, kita akan disuguhi kondisi yang menantang dengan darah di mana mana, pasien yang memiliki cedera tubuh yang serius, dan kondisi antara hidup dan mati. Dalam kondisi ini, setiap keputusan bergantung pada kita, sebagai dokter. Kalian menentukan nasib seseorang. Artinya, profesi ini menuntut zero mistake alias tidak boleh ada kesalahan sedikitpun karena nyawa tanggungannya. Memang sih hidup di tangan Tuhan, tapi kan media penghubungnya di dokter. Kalau kalian panikan dan mudah stress sebaiknya pelajari dulu cara mengelolanya daripada kalian menjadi terseok-seok di tengah jalan.

D. Memiliki kondisi kesehatan yang memadai

Kalian harus memberikan contoh yang baik. Seorang dokter bukan hanya kecerdasan yang diandalkan tetapi juga sehat jiwa dan raga. Mahasiswa fakultas kedokteran banyak dituntut waktu, tenaga, dan pikiran selama kurang lebih 5 tahun menuntut ilmu sebelum resmi menjadi seorang dokter. Sehat adalah syarat yang sangat penting jika ingin mengambil jurusan ini. Apalagi jadwal koas yang mengalahkan jam tayang sinetron.

E.Memiliki nilai rapor yang baik

Beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia menerima peserta didik untuk masuk ke fakultas ini melalui jalur SNMPTN. Jadi jika kalian berminat, siapkan nilai kalian dari sekarang ya!

Gimana? Sudah tau mau ke kampus yang mana? Bahkan kalian juga tidak perlu khawatir soal karir. Biar nyicil ayem, perlu nih kayaknya ikutan les privat. Tinggal browse aja les privat terbaik di sekitar lokasi kalian

Referensi:

1. bic.id

2. mamikos.id

Mata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.