bimbel kedokteran terbaik

Monera, Protista, Fungi : Biologi UTBK

Monera, Protista, Fungi adalah bagian dari makhluk hidup. Seperti apa kiprahnya dalam kehidupan manusia?

Pengertian Monera, Protista, Fungi

Monera adalah salah satu kingdom dalam klasifikasi biologi sistem empat-kingdom, yang sekarang sudah tidak dipakai lagi. Anggota kingdom Monera meliputi makhluk hidup yang terdiri atas satu sel, sesuai dengan asal kata dari bahasa Yunani, moneres yang berarti tunggal.

Monera adalah salah satu kingdom dalam klasifikasi biologi sistem empat-kingdom, yang sekarang sudah tidak dipakai lagi. Anggota kingdom Monera meliputi makhluk hidup yang terdiri atas satu sel, sesuai dengan asal kata dari bahasa Yunani, moneres yang berarti tunggal.

Dunia fungi (jamur) atau Mycota merupakan kelompok makhluk hidup yang dapat mendatangkan keuntungan bagi manusia. Beberapa jenis anggotanya dapat dimakan, sebagai sumber lemak dan glikogen. Beberapa jenis yang lain dapat digunakan dalam industri makanan maupun minuman. Dalam lingkungan, jamur merupakan pengurai sampah organik yang penting. Tanpa bantuan jamur, kemungkinan besar ermukaan bumi ini akan penuh dengan sampah. Namun demikian, tidak sedikit jamur yang mendatangkan bencana bagi manusia. Beberapa jenis diantaranya parasit bagi manusia, hewan, maupun tanaman budi daya.

Ciri Monera, Protista, Fungi

monera, protista, fungi
fungi

Adapun ciri-ciri dari monera, protista, fungi antara lain:

Ciri Monera:

  1. Bersel satu
  2. Memilik bentuk sel yang bervariasi.
  3. Kingdom monera adalah makhluk hidup prokariotik.
  4. Memiliki dinding sel.
  5. Tidak memiliki organel bermembran.

Ciri Protista

protista

Prorista menyerupai hewan (Protozoa)

  1. Ciri-ciri Protozoa

Protozoa merupakan organisme bersel tunggal yang sudah memiliki membran inti (eukariota). Ia berukuran mikroskopis, bentuk sel Protozoa sangat bervariasi ada yang tetap dan ada yang berubah-ubah. Protozoa umumnya dapat bergerak aktif karena memiliki alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagellum), bulu getar (cilia), namun ada juga yang tidak memiliki alat gerak. Sebagian besar Protozoa hidup bebas di air tawar dan laut sebagai komponen biotik. Beberapa jenis Protozoa hidup sebagai parasit pada hewan dan manusia. Protozoa hidup secara heterotrop dengan memangsa bakteri, protista lain, dan sampah organisme.

Baca juga :  Laju Reaksi : Kimia UTBK

2. Reproduksi Protozoa    

Protozoa sebagian besar melakukan reproduksi secara aseksual dengan
pembelahan biner.Sebagian lagi Protozoa melakukan reproduksi seksual dengan penyatuan sel generatif (sel gamet) atau dengan penyatuan inti sel vegetative (konjugasi).

Ciri-Ciri Jamur

  1. Mempunyal membran Inti (eukariot), tetapi dapat membuat makanan sendiri kanena mengandung kiorofil. Jamur memperoleh makanan dari lingkungan di sekitarnya.
  2. Jamur bersel banyak (multiseluler) terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa.
  3. Cabang dan hifa disebut dengan miselium yang berfungsi menyerap makanan dan substratnya.
  4. Bersifat saprofit dan parasit.
  5. Berkembang biak secara aseksual dan seksual.
  6. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan oleh jamur yang bersel tunggal (uniseluler), yaitu dengan pertunasan dan pemutusan hifa (fragmentasi).
  7. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan membentuk askus spora.

Beberapa kelompok jamur tidak dikelompokkan ke dalam dunia Fungi atau jamur, tetapi dikelompokkan ke dalam dunia Protista, sebab pada satu tahap dalam daur hidupnya, yaitu pada fase vegetatif, jamur tersebut mampu bergerak seperti protozoa.

Kelompok jamur tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Myxomycota (jamur lendir tidak bersekat)

Jamur ini memiliki tubuh tidak bersekat, ada yang bersel satu dan ada yang berselbanyak. Struktur tubuh vegetatifnya berbentuk seperti lendir yang disebut plasmodium dan mengandung banyak sekali inti.

Reproduksi generatifnya dengan cara singami, yaitu melalui peleburan dua gamet yangbentuk dan ukurannya sama. Hasilnya berupa zigot yang nantinya tumbuh menjadi tumbuhan dewasa.Contoh : Physarium sp.

2. Acrasiomycota (jamur lendir bersekat)

Ciri yang dimiliki jamur ini adalah tubuh yang bersekat, ada yang bersel satu, dan ada yang bersel banyak. Struktur tubuh vegetatifnya sama dengan myxomycota, demikian juga untuk reproduksi generatifnya. Hal yang membedakan adalah jika pada kondisi yang tidak menguntungkan ,plasmodium pada myxomycota akan berhenti bergerak dan membentuk tangkai yang ujungnya membentuk struktur reproduksi. Namun, Plasmodium pada acrasiomycota akan membentuk agregat berbentuk seperti siput tanpa cangkang, jika lingkungan menguntungkan.

Baca juga :  Redoks dan Elektrokimia : Kimia UTBK

3. Oomycota (Jamur air)

Kelompok jamur yang memiliki dinding sel dari selulosa dan hifa yang tidak bersekat. Reproduksi vegetatif dengan zoospora, yaitu spora berflagel dua yang mampu bergerak bebas. Sementara itu reproduksi secara generatif dengan pertemuan gamet jantan dan betina, lalu membentuk zigot berdinding tebal kemudian mengalami periode istirahat membentuk oospora. Fase hidup hasil reproduksi generatif ini lebih panjang bila dibanding dengan fase vegetatif.

Contoh: Saprolegnia sp, hidup saprofit pada bangkai serangga yang mati di air.

Pertama adalah Phytopthora infestan, parasit pada tanaman kentang.

Lalu kedua yaitu Phytopthora nicotinae, parasit pada tanaman tembakau.

Phytopthora faberi, parasit pada tanaman karet.

Pytium sp, hidup parasit pada tanaman yang sedang berkecambah.

Contoh soal

  • Jamur tidak memiliki kormus, tetapi hanya memiliki ….
  • talus
  • daun
  • akar
  • batang
  • cabang
  • Di bawah ini yang merupakan pernyataan yang benar adalah ….
  • anteridium mengandung dua inti
  • askogonium mengandung dua inti
  • inti askogonium berpindah tempat ke anteridium
  • askus dapat terbentuk dari hifa haploid
  • anteridium mengandung inti yang haploid
  • Kumpulan benang-benang halus pada jamur disebut ….
  • Sporangium
  • Askospora
  • Miselium
  • Basidiospora
  • Spora
  • Ilmu yang mempelajari mengenai jamur disebut ………..
  • mikologi 
  • virolpgi 
  • fungiologi
  • mikrologi
  • ekologi

Nah, itu dia pembahasan monera, protista, fungi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526  atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. bimbel-kedokteran.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Monera, Protista, Fungi adalah bagian dari makhluk hidup. Seperti apa kiprahnya dalam kehidupan manusia?