les kedokteran, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel fk, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel masuk ugm, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, karantina ui, karantina snbt, karantina utbk, bimbel snbt, bimbel karantina

Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran Dari UI Hingga UGM

Hai hai hai sahabat Latis! Gimana kabar kalian? Sudah cukup mencari tau mengenai nilai minimal masuk fakultas kedokteran? Buat kalian yang sudah mantap mau masuk fakultas ini, jangan lupa tengok targetnya dan jangan sampai kecolongan lho! Mari kita cek yuk berapa saja nilai minimal dari berbagai fakultas kedokteran di PTN ternama Indonesia? Cekidot!

baca juga: biaya les calistung

Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran Jalur UTBK

nilai minimal masuk fakultas kedokteran
sumber Freepik

Mari kita simak satu per satu nilai minimal masuk ke Fakultas tersohor ini. Kita mulai dari PTN terpopuler dulu ya!

A. UGM (Universitas Gadjah Mada)

Nilai rata-rata UTBK Kedokteran UGM adalah (725,21). Sedangkan nilai UTBK Kedokteran yang terendah adalah (689,05). Sedangkan untuk nilai UTBK Kedokteran tertinggi yaitu (809,84). Hm, gimana dengan PTN lain nih?

B. Undip (Universitas Diponegoro)

Masih di Pulau Jawa, mari kita bergeser ke Jawa Tengah. Nilai rata-rata UTBK Kedokteran Undip yaitu ( 709,46). Lalu, untuk nilai UTBK Kedokteran terendah adalah ( 685,77). Sedangkan nilai UTBK Kedokteran tertinggi sebesar (770,48). Dari sini kalian bisa melihat berapa gap nya kan?

C. UNPAD (Universitas Padjadjaran)

Bergeser lagi ke Jawa bagian barat, nilai rata-rata yang diterima dalam UTBK Kedokteran Unpad adalah (717,94). Sedangkan nilai UTBK Kedokteran terendah yaitu (694,17). Lalu, untuk nilai UTBK Kedokteran yang tertinggi adalah ( 780,52). Sudah nyata nampak bedanya?

D. Unair (Universitas Airlangga)

Beralih ke Jawa Timur, Universitas Airlangga mempunyai nilai rata-rata UTBK Kedokteran sebesar (726,94), sedangkan nilai UTBK terendah adalah (702,54). Lalu, nilai UTBK tertinggi yaitu (808,01)

E. UI (Universitas Indonesia)

Inilah yang ditunggu-tunggu. Kalian pasti penasaran kan berapa sih nilai minimal masuk fakultas kedokteran di kampus bergengsi ini? Nilai rata – rata yang diterima Universitas Indonesia untuk UTBK Kedokteran adalah ( 747,93). Nilai UTBK Kedokteran terendah adalah (724,38), sedangkan nilai UTBK Kedokteran yang tertinggi ( 798,55).

Baca juga :  Logo FKUI Sekarang Bagaimana Ya?

Dari sekian PTN ternama kira-kira yang mana nih yang masih bisa menerima kalian? Hehe

Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran Jalur Rapor

nilai minimal masuk Fakultas Kedokteran
sumber Freepik

Pada seleksi nasional berdasarkan prestasi, komponen penilaian dibagi menjadi dua. Apa saja itu?

– Perhitungan berdasarkan rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran paling sedikit 50 persen dari bobot penilaian

– Berdasarkan nilai rapor paling banyak 2 (dua) mata pelajaran pendukung Program Studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi paling banyak 50 persen dari bobot penilaian.

Lalu gimana dengan jurusan kedokteran? Berdasarkan Keputusan Mendikbudristek RI Nomor 345/M/2022 tentang Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, mata pelajaran pendukung di seleksi nasional berdasarkan prestasi merupakan mata pelajaran yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.

Pada aturan tersebut, ketentuan mata pelajaran pendukung dibagi ke dalam rumpun ilmu humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, ilmu formal, dan ilmu terapan. Kalau kalian bisa lolos di jalur ini, tentu saja akan sangat bangga ibarat menang lotre. Kalian juga sudah tidak perlu repot-repot belajar lagi untuk lolos SNBT nih. Jadi, simak baik-baik penjelasannya ya!

Baca juga: les privat TK

1. Prodi Kedokteran

a. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum Merdeka untuk prodi Ilmu atau Sains Kedokteran yakni Biologi dan/atau Kimia.

b. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum 2013 bagi jurusan IPA yakni Biologi dan/atau Kimia, sedangkan jurusan IPS dan Bahasa yakni Matematika.

Dari dulu sampai sekarang jurusan satu ini pasti banjir peminat. Akan tetapi sayangnya tidak semua orang mampu dengan tekanan selama menempuh studi kedokteran walaupun memiliki minat yang tinggi di jurusan ini. Kalau sudah begitu maka yang perlu dilakukan adalah belajar dengan lebih giat.

Baca juga :  Biaya Kuliah Kedokteran UGM (Universitas Gajah Mada)

2. Prodi Kedokteran Gigi

a. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum Merdeka untuk prodi Ilmu atau Sains Kedokteran Gigi yakni Biologi dan/atau Kimia.

b. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum 2013 bagi jurusan IPA yakni Biologi dan/atau Kimia, sedangkan jurusan IPS dan Bahasa adalah Matematika.

Ada berbagai jenjang lanjutan bagi dokter gigi. Jadi kalau kalian masih ingin melanjutkan studi ke program spesialis, siap-siap juga dengan budgetnya ya!

3. Prodi Kesehatan Masyarakat

a. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum Merdeka untuk prodi kesehatan masyarakat adalah Biologi.

b. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum 2013 bagi jurusan IPA yakni Biologi. Untuk jurusan IPS yakni Matematika/Sosiologi, sedangkan jurusan Bahasa adalah Matematika.

Bagaimana prospeknya? Kalian tidak hanya akan konsen ke studi kasus lapangan namun juga memberikan penyuluhan dan edukasi di masyarakat. Jangan salah, banyak juga instansi pemerintah yang membutuhkan kalian lho!

4. Prodi Keperawatan

a. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum Merdeka untuk prodi keperawatan adalah Biologi.

b. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum 2013 bagi jurusan IPA untuk prodi ini adalah Biologi, sedangkan jurusan IPS dan Bahasa adalah Matematika.

Bagaimana dengan prospek kerja? Wah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena perawat sangat dibutuhkan dimana-mana. Bahkan untuk dikirim ke luar negeri juga lo!

5. Prodi Gizi

a. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum Merdeka untuk prodi Ilmu atau Sains Gizi yakni Biologi dan/atau Kimia.

b. Mata pelajaran pendukung pada Kurikulum 2013 untuk prodi ini bagi jurusan IPA adalah Biologi dan/atau Kimia, sedangkan jurusan IPS dan Bahasa adalah Matematika.

Lulusan jurusan ini juga tidak kalah diserbu di berbagai instansi dan rumah sakit. So ini waktunya buat kalian unjuk gigi.

Baca juga :  Larutan : Kimia UTBK

Waduh jadi semakin bingung ya kan? Sebenarnya asal fakultasnya kedokteran walaupun jurusannya bukan kedokteran umum ya tetap bergengsi sih ya. Apalagi kalau kampusnya itu kampus ternama.

Menjadi dokter bukan hanya mengejar prestige ya, ada banyak aspek yang harus kalian pahami mulai dari psikologi pasien dan etika menghadapi pasien. Jangan sampai kalian membuat mereka trauma untuk berobat karena sikap yang tidak ada empatinya. Sebab itulah diajarkan mata kuliah etika profesi yang kemungkinan besar di setiap universitas Jurusan Kedokteran pasti dipelajari sama halnya dengan di jurusan Kedokteran UI. Jangan lupa persiapkan sejak SD dengan senantiasa juga mengecek biaya les SD per bulan. Persiapan sejak dini sangat baik lho ayah bunda!

Nah kalau kalian sudah mantap ingin masuk ke Fakultas Kedokteran dan butuh bimbingan, kunjungi website kami www.bimbel-kedokteran.com atau nomor hp 0858-1077-9967

Baca juga: les calistung terdekat

Referensi:

1. kumparan.com

2. detik comMata kuliah kedokteran

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.