Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)

 Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)

Halo sahabat Bimbel Kedokteran!

 

Soal kemampuan IPA salah satu jenis soal ujian seleksi yang digunakan oleh Universitas Indonesia (UI) untuk menerima mahasiswa baru. Pada bagian kemampuan IPA, termasuk Biologi, peserta diuji terkait pemahaman mereka terhadap konsep-konsep ilmiah dan penerapannya.

Baca juga: bimbel sbmptn

Tips belajar soal IPA SIMAK UI

 Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)
Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)

 

Sumber: Freepik

Jika Anda memiliki buku-buku atau sumber belajar khusus yang digunakan untuk belajar Soal kemampuan IPA, disarankan untuk fokus pada materi tersebut dan menjawab soal-soal latihan. Selain itu, bisa juga bergabung dalam kelompok belajar atau memanfaatkan sumber daya daring untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mata pelajaran Biologi.

Baca juga: bimbel utbk 

 

Jenis Soal Kemampuan IPA (Biologi) SIMAK UI 2017

 Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)

Sumber: Freepik

  1. Genetika dan Pewarisan Sifat

Pertanyaan dapat berkisar pada konsep-konsep genetika, pewarisan sifat, dan variasi genetik. Kandidat diharapkan mampu mengerti prinsip-prinsip dasar pewarisan gen dan bagaimana sifat-sifat tertentu dapat diwariskan.

  1. Ekologi

Soal dapat mencakup konsep ekologi seperti rantai makanan, siklus biogeokimia, interaksi antarorganisme, dan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.

  1. Mikrobiologi

Kandidat mungkin diuji tentang pengetahuan mereka terkait mikroorganisme, termasuk bakteri, virus, dan fungi. Soal dapat melibatkan peran mikroorganisme dalam kehidupan sehari-hari dan dampaknya terhadap kesehatan.

  1. Biologi Molekuler

Soal kemampuan IPA dapat mencakup pemahaman kandidat terhadap struktur dan fungsi molekul-molekul biologis, seperti DNA, RNA, protein, dan proses-proses kimiawi yang terjadi dalam sel.

  1. Klasifikasi dan Taksonomi

Soal mungkin berkaitan dengan kemampuan kandidat dalam mengklasifikasikan organisme berdasarkan karakteristik-karakteristik tertentu dan memahami prinsip-prinsip taksonomi.

Baca juga: les privat 

 

Soal kemampuan IPA

 Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)

Sumber: Freepik

Simak soal-soal kemampuan IPA berikut ini:

46. Bentuk sel pada semua makhluk hid up dipengaruhi oleh …

A. Kapsul

B. Dinding sel

C. Membran sel

D. Sitoskeleton

E. Sitoplasma

 

47. Struktur reproduksi seksual apotesia atau peritesia pada koloni kapang Ascomycota menunjukkan sifat …

Baca juga :  Macam-macam Otot padaTubuh Manusia | UTBK Biologi SIMAK UI

A. Anamorfisme

B. Teleomorfisme

C. Holomorfisme

D. Dimorfisme

E. Sinergisme

 

48. Jamur yang berperan dalam pembuatan Angkak atau beras merah adalah …

A. Rhodotorula glutinis

B. Monascus purpereus

C. Serratia marcesncens

D. Monilia sitophila

E. Penicillium rubrum

 

49. Pernyataan SALAH terkait dengan fotosintesis oksigenik adalah …

A. Hanya terjadi pada organisme tumbuhan

B. Dapat dilakukan oleh bakteri berpigmen Rhodobacter sp.

C. Dapat dilakukan oleh sianobakteria

D. Dapat dilakukan oleh alga Rhodophyta

E. Hanya terjadi pada tumbuhan, alga, dan sianobakteria

 

50 Salah satu fungsi antena pada filum Arthropoda adalah sebagai alat yang digunakan untuk sensor mekanis. Namun, ada pula jenis-jenis Arthropoda yang tidak memiliki antena, salah satunya jenis-jenis pada kelas …

A. lnsekta

B. Diplopoda

C. Crustacea

D. Chilopoda

E. Arachnida

 

51. Eritropoetin akan meningkatkan laju pembentukan sel darah merah di sumsum tulang.
SEBAB
Sel-sel kelenjar eksokrin pankreas menghasilkan eritroportin dalam kondisi hipoksia.

 

52. Tanaman jagung transgenik, hasil transfer gen Cry (Cristal-like proteins) dari Bt (Bacillus thuringiensis), dapat terhindar dari serangan hama corn borer (Ostrinia nubilalis).

SEBAB
Bacillus thuringiensis memiliki gen yang dapat menghasilkan senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid dan bersifat toksik terhadap insekta

 

53. Energi metabolik ATP TIDAK dihasilkan melalui tahapan …

1) Fosforilasi oksidatif

2) Fosforilasi sistem transpor electron

3) Fosforilasi tingkat substrat

4) Fosforilasi kinase

 

Baca juga:  les privat jakarta 

Pembahasan Soal IPA Biologi

 Soal kemampuan IPA SIMAK UI 2017 (Biologi)

Sumber: Freepik

Simak pembahasan Soal kemampuan IPA berikut ini:

46. Pembahasan:

  • Membran sel ditemukan di semua sel pada makhluk hidup dan memiliki fungsi yang utama yaitu menjaga bentuk sel. Membran sel mencegah agar bentuk sel tidak berubah dan menjaga isi sel tubuh agar tidak keluar dari sel.
  • Kapsul hanya dimiliki oleh beberapa jenis bakteri. Kapsul berfungsi sebagai lapisan pelindung, menjaga sel dari kekeringan, membantu melekatkan diri pada substrat, dan menunjukkan virulensi suatu bakteri.
  • Dinding sel dimiliki oleh tumbuhan dan bakteri, tetapi tidak dimiliki oleh sel hewan. Dinding sel berfungsi melindungi sel, memberikan kekuatan struktural pada sel, memberi bentuk
  • Sitoskeleton adalah jaring berkasberkas protein yang menyusun siteplasma dalam sel. Fungsinya untuk memberikan kekuatan mekanik pada sel, sebagai kerangka sel dan membantu di dalam gerakan substansi.
  • Sitoplasma adalah cairan di dalam sel dan berfugsi sebagai penyimpan berbagai senyawa dan oeganel dalam sel.
Baca juga :  Sistem dan Jaringan Tumbuhan : Biologi UTBK

Jawaban:C

 

47. Pembahasan:
Sifat Holomorfisme merupakan sifat dari kapang yang memiliki spora seksual dan aseksual, artinya kapang ini memperlihatkan bentuk sel vegetatif dan sel generatif. apotesia atau peritesia adalah penghasil spora.

Jawaban:C

48. Pembahasan:

  • Monascus purpureus berperan dalam pembuatan Angkak dibuat melalui proses fermentasi beras dengan kapang.
  • Rhodotoru/a glutinis berperan dalam proses fermentasi yaitu dalam bentuk suspensi sel khamir.
  • Serratia marcesncens salah satu bakteri penghasil pigmen merah yang banyak dimanfaatkan sebagai pewarna alami.
  • Monilia sitophila/ Neurospora sitophila berperan dalam pembuatan oncom
  • Penicillium rubrum berperan dalam pembuatan antbiotik atau antibakteri.

Jawaban:B

49. Pembahasan:

  • Pada saat proses fotosintesis oksigenik, energi cahaya mentransfer elektron dari air (Hpl ke karbon dioksida (CO) , untuk menghasilkan karbohidrat. Hasil akhir dari fotosintesis ini terdapat oksigen bersama dengan Fotosintesis oksigenik yang paling umum dan terlihat pada tumbuhan, alga, dan cyanobacteria.
  • Fotosintesis anoksigenik merupakan proses fotosintesis dimana energi cahaya ditangkap dan diubah menjadi ATP, tanpa menghasilkan oksigen karena dalam proses tersebut tidak digunakan air (H20) sebagai sumber Proses ini biasanya terjadi pada bakteri seperti bakteri ungu dan bakteri belerang hijau, yang terutama ditemukan di berbagai habitat perairan. Sedangkan oleh bakteri pigmen Rhodobacter sp. merupakan salah satu jenis bakteri ungu.

Jawaban: B

50. Pembahasan:

  • Arachnida tidak mempunyai antena. Fungsi antena pada hewan arachnida yang tidak ada digantikan dengan alat sengat dan alat capit pada bagian tubuhnya yang berfungsi merespon musuh atau mangsa hewan Contohnya laba-laba dan kalajengking
  • lnsekta mempunyai sepasang antenna ialah sebagai alat peraba. Contoh semut, lebah
  • Diplopoda mempunyai sepasang antena. Contoh kaki seribu.
  • Krustasea mempunyai sepasang antena. Contoh udang
  • Chilopoda mempunyai sepasang antena. Contoh lipan
Baca juga :  Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Biologi), Soal & Pembahasannya

Jawaban: E

 

51. Pembahasan

  • Eritropoetin akan meningkatkan laju pembentukan sel darah merah di susum tulang. (Benar) Horman eritropoietin atau EPO adalah harmon yang berfungsi untuk mengatur produksi sel darah merah di sumsum tulang. Pada saat kondisi hipoksia, produksi harmon Eritropoetin oleh ginjal akan ditingkatkan untuk menginduksi produksi sel darah merah oleh sumsum tulang.
  • Sel-sel kelenjar eksokrin pankreas menghasilkan eritropoetin dalam kondisi hipoksia. (Salah) Horman eritropoetin dihasilkan oleh
    Pernyataan benar dan alasan salah

Jawaban:C

52. Pembahasan

  • Tanaman jagung transgenik, hasil transfer gen Cry (Cristal-like proteins) dari Bt (Bacillus thuringiensis), dapat terhindar dari serangan hama corn baker (Ostrinia nubilalis). (Benar) Bacillus thuringensis adalah salah  satu mikroorganisme yang memiliki kemampuan sebagai agen pengendali hama hayati terpadu yang tepat
  • Bacillus thuringiensis memiliki gen yang dapat menghasilkan senyawa metabolit sekunder golongan alkolid dan bersifat toksik terhadap insekta.
    (salah) Bacillus thuringiensis memiliki gen penyandi protein Bt (Bacillus thuringiensis) yang bersifat toksik pada serangga ordo Lepidoptera sepertiulat

Pernyataan benar dan alasan salah.

Jawaban:C

 

53. Fosforilasi kinase adalah proses fosforilasi yang dikatalis oleh enzim kinase dan sebagai donor fosfatnya adalah ATP. Sedangkan Fosforilasi oksidatif, forforilasi sistem transpor elektron, forforilasi tingkat substrat menghasilkan energi dalam bentuk ATP.
Hanya (4) yang benar.

Jawaban: D

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 089628522526. Atau klik www.bimbel-kedokteran.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Bimbel Kedokteran by Latis Supercamp

 

Referensi :

  1. lifestylekontan.co.id
  2. kompas.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.