bimbel kedokteran terbaik

Pengetahuan Kuantitatif: Tes Potensi Skolastik (Pola Bilangan, Akar, Pecahan, dan Perpangkatan)

pengetahuan kuantitatif

Pengetahuan Kuantitatif terdiri atas berbagai macam jenis pelajaran. Salah satunya adalah matematika. Pola bilangan, akar, pecahan, dan perpangkatan menjadi salah satu materi. Mari kita pelajari satu persatu.

Pengetahuan Kuantitatif: Pola Bilangan

Pola bilangan merupakan susunan bilangan yang teratur. Contohnya adalah pola bilangan ganjil. Adapun bilangan ganjil antara lain 1,3,5,7, dan seterusnya. Jika kita tarik rumusnya menjadi Un= 2n-1.

Misalnya kita ingin mengetahui pola bilangan ganjil ke 3. Maka U3= (2×3) – 1. Maka hasilnya menjadi 5. Artinya pola bilangan ganjil ke tiga adalah lima.

Secara manual menjadi 1,3,5. Angka lima memang benar menjadi pola bilangan ganjil ke tiga.

Pengetahuan Kuantitatif: Pecahan

Pecahan terdiri atas a/b yang mana a adalah pembilang dan b merupakan penyebut.  Pembilang adalah bilangan terbagi dan penyebut adalah bilangan pembagi. Kalian akan lebih mudah mempelajarinya mealui diagram arsiran. Terdiri atas empat jenis yaitu:

a. Pecahan biasa

Pada jenis pecahan ini, pembilang akan lebih besar daripada penyebut. Contohnya adalah: 5/2, 10/2. 4/2, dst

b. Pecahan Campuran

Jenis pecahan ini terdiri atas C a/b yang mana C merupakan bilangan bulat dan a/b merupakan bagian dari pecahannya.Contoh : 1 1/4, 5 2/3, dst.

c. Pecahan Desimal

Merupakan pecahan dengan penyebut kelipatan 10 seperti 10, 100, 1000, dst. Contohnya : 2/100 menjadi 0,02. Bilangan desimal memiliki banyak kegunaan dalam berbagai bidang. Bilangan ini merupakan bilangan yang sering digunakan. Konversi bilangan desimal ke sistem bilangan biner akan berguna pada bidang informatika dan pemrograman. Sistem bilangan desimal sering dikenal sebagai sistem bilangan berbasis 10, karena tiap angka desimal menggunakan basis (radix) 10,

d. Pecahan Senilai

Adalah pecahan dengan nilai yang sama. Contohnya adalah 2/5 dan 4/10. 4/10 adalah sama dengan 2/5 sehingga keduanya dapat disebut senilai.

Baca juga :  3 Teknologi Kedokteran di Masa Depan

Menyederhanakan pecahan adalah dengan mecari faktor prima dari pembilang dan penyebut. Angka prima adalah angka yang tidak bisa dibagi dengan angka lain kecuali dengan angka 1 dan angka itu sendiri.

Cara menyamakan penyebut:
  1. Cara I: Mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan bulat yang sama hingga penyebutnya sama.
  2. Cara II: Penyebutnya sama-sama dibuat menjadi KPK dari penyebutnya.

Akar Dan Perpangkatan Dalam Matematika

r (pangkat n) = x

Yang mana x adalah lebih besar dari 0.

Contoh : √4 = 2

Intinya berapa dikalikan berapa agar menjadi 4 (angka dalam akar). Yang mana angka tersebut harus dikalikan dengan sesamanya.

Bentuk akar merupakan akar dari suatu bilangan yang hasilnya bukan bilangan rasional atau merupakan bilangan irasional. Bentuk akar merupakan bentuk lain untuk menyatakan bilangan berpangkat. Jadi dalam pengerjaannya kalian akan menemukan sedikit kesulitan.

Untuk menyederhanakan akar kuadrat, kalian hanya harus memfaktorkan angkanya dan menarik akar kuadrat dari kuadrat sempurna berapapun yang berada di bawah tanda akar.

  1. √72 = √(9 x 8)
  2. √72 = √(9 x 4 x 2)
  3. √72 = √(9) x √(4) x √(2)
  4. √72 = 3 x 2 x √2.
  5. √72 = 6√2.

Mudah tidak?

 

√141 = 12

Contoh Soal:

Ubah 8 1/3 ke dalam bentuk akar.

Hasilnya adalah:

8 1/3 = 8 √1³

akar adalah salah satu operasi aljabar yang nilainya merupakan hasil dari perkalian suatu bilangan yang sama atau bentuk lain untuk menyatakan suatu bilangan yang berpangkat.

Nah, itu dia pembahasan tes potensi skolastik. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. supercampalumniui.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :  6 Syarat Masuk Jurusan Kedokteran

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.