les kedokteran, bimbel kedokteran ui, bimbel kedokteran, bimbel masuk kedokteran, bimbel karantina kedokteran, bimbel fk, bimbel utbk, les privat utbk, bimbel masuk ugm, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, karantina ui, karantina snbt, karantina utbk, bimbel snbt, bimbel karantina

Yuk Kita Kupas Tuntas Jurusan Kedokteran Gigi!

jurusan kedokteran gigi

Tahukah kalian bahwa kesehatan gigi dan mulut itu ternyata berkaitan dengan bagian tubuh lainnya? Ternyata usut punya usut, jika kondisi gigi dan mulut sedang bermasalah, ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk memastikan kondisi gigi dan mulut tetap sehat, kalian perlu melakukan gaya hidup sehat juga periksa rutin ke Dokter Gigi.

Nah bagi kalian yang memiliki cita-cita jadi Dokter Gigi, inilah waktunya. Kalian bisa masuk ke Gurusan Kedokteran Gigi dan mempelajari apa saja sebenarnya yang harus dipersiapkan sebagai calon Dokter Gigi.

Baca juga, Pengertian dan Biaya Kuliah Dokter Gigi UI

Oleh karena itu, yuk kita kupas tuntas Jurusan Kedokteran Gigi. mulai dari apa saja persyaratan hingga tahapan bisa jadi Dokter Gigi. Berikut informasi lengkapnya!

Kedokteran Gigi

Praktik Kedokteran Gigi

Praktik Kedokteran Gigi (Sumber: Sherman Dental Centre)

Pada dasarnya, Jurusan Kedokteran Gigi mempelajari perawatan kesehatan gigi dan mulut. Bukan hanya menjaga kesehatan daerah gusi dan gigi, Kedokteran Gigi turut memiliki peran penting untuk menjaga tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga : Les Privat SMA

Para Dokter Gigi diharuskan menguasai ilmu kedokteran dasar sama seperti calon dokter (dokter umum) di fakultas kedokteran (FK). Sebab ilmu Kedokteran Gigi ini sangat berkaitan dengan syaraf yang terletak di leher dan kepala pasien.

Hal ini bisa saling berhubungan jika ada pasien yang memiliki infeksi lanjutan pada gusi dan menyebabkan gusi meredang sehingga membentuk kantong nanah serta plak yang banyak. Kuman-kuman yang terdapat di kantong nanah pun ternyata bisa menyebar keseluruh tubuh melalui pembuluh darah dan menjadi sumber penyakit kronis. Oleh karena itu, pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi juga gusi.

Baca juga, Sejarah Lahirnya Ilmu Kedokteran

Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi (Sumber: St Olaf Edu)

Jurusan Kedokteran Gigi ini sendiri terbagi ke dalam 2 tahap, yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesi. Pendidikan akademik yang memakan 8 semester (4 tahun) ini harus dilanjutkan dengan pendidikan profesi selama 4 semester (2 tahun).

Baca juga :  Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Tidak berhenti sampai disitu, setelah 6 tahun menempuh pendidikan. Para calon Dokter Gigi ini harus mengikuti ujian kompetensi secara nasional di bawah supervisi Kementrian Ristek dan Pendidikan Tinggi.

Baca Juga : Les Privat SMP

Uji kompetensi secara nasional ini dikhususkan bagi lulusan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Setelahnya pun kalian harus mengikuti internship selama setahun, untuk melatih kegiatan pemahiran dan pemandirian yang dilaksanakan di puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah.

Perkuliahan & Mata Kuliah

Praktek Kedokteran Gigi

Sumber: BBC

Sama seperti jurusan lainnya, Jurusan Kedokteran Gigi pun berlangsung dalam bentuk teori. Disini akan membahas ilmu kedokteran gigi dasar, konservasi gigi, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu kesehatan gigi mulut, ilmu biologi oral, radiologi dan lainnya.

Kalian, para calon Dokter Gigi juga akan disibukan dengan banyaknya praktikum dan keterampilan skill. Karena kalian dituntut untuk bisa mencetak gigi, memasang kawat gigi, dan cabut gigi, oleh karena itu hal tersebut perlu dilatih terlebih dahulu.

Baca juga, Intip Rincian Biaya Kedokteran UI di Sini!

Untuk peminatan sendiri, Jurusan Kedokteran Gigi memiliki beberapa spesialisasi jurusan. Ini dikarenakan banyaknya cabang ilmu dan konsentrasi di bidang ini. Mata kuliah yang beragam pun turut dipelajari oleh kalian, seperti:

  1. Biomedik
  2. Ilmu Kedokteran Dasar
  3. Ilmu Kedokteran Gigi Dasar
  4. Tumbuh Kembang
  5. Karies Gigi
  6. Penyakit/Kelainan Jaringan Keras Gigi, Pulpa dan Periapeks, Jaringan Penyangga Gigi, Tumbuh Kembang dan Okslusi
  7. Skills Lab Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital
  8. Skills Lab Material Kedokteran Gigi dan Anatomi Gigi
  9. Rehabilitasi Sistem Stomatognatik
  10. Odontektomi dan Kegawatdaruratan, dan lainnya.

Prospek Kerja

POV pasien di Dokter Gigi

Prospek Kerja Kedokteran Gigi (Sumber: BBC)

Setelah menempuh 6 tahun pendidikan juga uji kompetensi nasional serta internship. Bagi kalian yang ingin langsung bekerja setelah lulus Jurusan Kedokteran Gigi ini, bisa langsung mengunjungi tempat-tempat ini. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaan para lulusan kedokteran gigi:

  1. Dokter Rumah Sakit
    Setelah kalian meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg) dan co-ass (program profesi untuk calon dokter). Kalian bisa menjadi seorang dokter gigi di rumah sakit pemerintah maupun swasta, bahkan di puskesmas sekalipun sesuai dengan keinginanmu.
  2. Bedah Mulut dan Maksolofasial
    Tidak hanya Dokter Gigi, kalian juga berkesempatan mendapatkan karier dengan jenjang yang lebih tinggi. Seperti dengan mendalami bagian bedah mulut dan maksilofasial profesional. Kalian akan menangani kelainan rongga mulut yang harus menggunakan teknik bedah.
Baca juga, Mengenal Program S2 Kedokteran dan Cara Mendaftarnya
  • Prothodontik
    Kalian pun bisa mengambil profesi satu ini, yang akan menangani rekonstruksi gigi ortodontik. Atau ahli struktur gigi yang meneliti secara khusus gigi dan unsur pembentuknya.
  • Kedokteran Gigi Anak
    Prospek kerja satu ini tentunya bertugas untuk menangani tumbuh kembang gigi anak-anak. Serta patologi mulut yang berfokus pada ragam penyakit yang menyerang jaringan lunak dan keras pada rongga mulut serta rahang.
  • Lembaga Penelitian & Perusahaan
    Tidak hanya di Rumah Sakit, kalian juga bisa bekerja di lembaga penelitian bagi yang senang melakukan eksperimen. Atau bahkan di sebuah perusahaan swasta dengan pengalaman yang tak kalah menyenangkan.
  • Membuka Klinik Sendiri
    The last but not least, yaitu membuka klinik sendiri. Peluang satu ini sering diidam-idamkan bagi para Dokter Gigi. Kalian pun bisa langsung membuka klinik setelah mengantongi surat izin praktek, surat izin sarana kesehatan.
Baca juga :  Berikut 5 Tahapan Kuliah Jurusan Kedokteran

 

Baca juga, Universitas Ini Miliki Biaya Sekolah Kedokteran Termurah

Gimana, apakah kalian semakin tertarik mengambil Jurusan Kedokteran Gigi? Yuk, siapkan diri kalian untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa Kedokteran Gigi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta Favorit (PTS).

Jika kalian ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, jangan segan-segan untuk tinggalkan komen di kolom komentar yang terletak di bawah ya!

Dan jangan lupa juga hubungi kami di 085810779967 atau di Head Office Bimbel Kedokteran di 021-77844897 setiap Senin s.d Jum’at pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. Atau bisa juga kunjungi Latis Privat bagi kalian yang pengen cari tutor-tutor yang asyik dan seru!

Referensi: Gramedia; ruangguru

Comments are closed.

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.