bimbel kedokteran terbaik

Ternyata Fakultas Kedokteran Gigi Ini Sepi Peminat!

fakultas kedokteran gigi yang sepi peminat

Sudah menjadi favorit para calon mahasiswa sejak dahulu kala. Kedokteran memang masuk ke dalam salah satu program studi (prodi) dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) yang banyak peminatnya. Mungkin kalian menjadi salah satunya.

Dari tahun-ke tahun, peminat prodi ini terus bertambah, apalagi untuk masuk ke dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit. Menjelang kelulusan SMA, para siswa biasanya dihadapkan dengan beragam seleksi masuk perguruan tinggi. Mulai dari undangan atau yang kita kenal sebagai SNMPTN, hingga mandiri.

Baca juga, 6 Syarat Masuk Jurusan Kedokteran

Tapi apakah kalian tahu, bahwa ternyata fakultas kedokteran gigi ini juga sepi peminat loh. Kok bisa? Sebelum kita lanjut membahas hal tersebut, mari kita telisik lebih dalam mengenai fakultas ini. Sebenarnya apa saja yang musti dipersiapkan untuk masuk ke fakultas ini? Adakah syarat-syarat yang perlu kita persiapkan sebelum melanjutkan pendidikan ini?

 

Apa Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi?

Kedokteran Gigi Unpad

Sumber: Unpad

 

Sebelum berbicara lebih lanjut lagi. Bagi kalian yang bercita-cita menjadi Dokter Gigi, sudah tahukah apa saja persyaratan menjadi Dokter Gigi yang perlu kalian siapkan? Mulai dari kesehatan tubuh hingga keterampilan khusus harus mulai diperhatikan. Mau tahu apa saja persyaratannya?

  1. Sehat Jasmani dan Rohani
    Sebenarnya tidak hanya menjadi syarat menjadi Dokter Gigi saja. Pentingnya sehat jasmani dan rohani sangat diperlukan untuk melalui tes kesehatan yang dilakukan di instansi kesehatan sendiri. Terlebih tidak boleh mengalami permasalahan kejiwaan karena itu dapat membahayakan orang lain.
  2. Tidak Buta Warna
    Syarat yang satu ini harus diperhatikan oleh para calon mahasiswa. Terlebih lagi surat keterangan tidak buta warna harus dilampirkan ketika mendaftar.
  3. Bebas Narkoba dan Obat Terlarang
    Seorang pecandu narkoba atau obat terlarang dilarang untuk ikut ujian masuk fakultas ini. Oleh karena itu, kalian calon mahasiswa harus memastikan bahwa diri kalian bebas dari kedua hal tersebut.
  4. Ikut Seleksi Masuk Fakultas Kedokteran
    Tentunya, untuk masuk ke fakultas kedokteran gigi. Kalian harus mengikuti ujiannya terlebih dahulu, baru bisa menjadi mahasiwa resmi di fakultas ini

    Baca juga, Intip Rincian Biaya Kedokteran UI
  5. Menyelesaikan Pendidikan di Fakultas Kedokteran
    Setelah lolos seleksi masuk, tentunya para mahasiswa akan mendapatkan masa orientasi. Dimana masa-masa tersebut, kalian akan dikenalkan dengan dunia medis, termasuk yang berhubungan dengan ilmu pengobatan dan perawatan gigi. Setelah itu, kalian resmi harus menempuh pendidikan dengan minimal 8-10 semester di jurusan ini.
  6. Menjalani Pendidikan Profesi
    Merupakan salah satu syarat wajib bagi seorang dokter. Untuk bisa benar-benar menjadi seorang dokter gigi, setelah menyelesaikan pendidikan di universitas. Kalian harus mengikuti pendidikan profesi atau pendidikan dokter muda, yang mana kalian akan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat sebelumnya.
  7. Ikuti Ujian Dokter Indonesia
    Ternyata setelah resmi menjadi dokter gigi dan meraih gelar, perjuangan masih terus berlanjut. Persyaratan lain yang harus dipenuhi jika ingin menjadi seorang dokter berdikari, kalian harus mengikuti Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI).
  8. Mengurus STR Dokter
    Setelah mengikuti UKDGI, syarat terakhir yang harus dipenuhi untuk menjadi dokter gigi dan membuka praktik sendiri adalah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Gigi.
Baca juga :  Mengenal 10 Mata Kuliah di Jurusan Kedokteran

8 Syarat tersebut mungkin terlihat ribet, tapi hal tersebut harus dilakukan dengan usaha kalian untuk menjalani proses menggapai cita-cita kalian.

Baca juga, Intip Rincian Biaya Kedokteran UI di Sini!

Namun Apakah Benar Fakultas Kedokteran Gigi Sepi Peminat?

Kedokteran Gigi Unissula

Sumber: Unissula

 

Seperti yang kita ketahui, bahwa jurusan kedokteran memiliki banyak peminat. Tapi untuk kali ini, fakultas kedokteran gigi sedang sepi peminat. Hal ini ternyata sudah pernah terjadi pada tahun 2021 di Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro (UNDIP).

Peminat S1 Kedokteran Gigi UNDIP tahun itu yang masuk melalui jalur SNMPTN undangan hanya sebanyak 289. Sedangkan calon mahasiswa yang mencoba masuk melalui jalur SBMPTN hanya sebanyak 464 pendaftar saja.

Baca juga, Universitas Ini Miliki Biaya Kedokteran Termurah

Untuk tahun sendiri sebenarnya tidak hanya jurusan kedokteran yang sepi peminat di SBMPTN. Prodi kedokteran pun sedang mengalami hal yang sama. Bisa diasumsikan jumlah daya tampung SBMPTN 2021 sama dengan tahun 2022, maka persaingan rata-rata 1:27. Tentu tingkat persaingan ini tidak sama.

Balik lagi, hal ini diambil berdasarkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tingkat persaingannya jauh lebih tinggi. Bahkan ada yang lebih rendah dibandingkan rata-rata. Tentunya hal ini membuat para calon mahasiswa musti lebih jeli untuk mengetahui PTN mana yang persaingannya tidak terlalu berat. Bisa dikatakan dari 86 PTN yang ikut SBMPTN tahun 2022 ini, hanya ada 39 kampus yang mempunyai prodi kedokteran.

Baca juga, Berikut 5 Tahapan Kuliah Jurusan Kedokteran

Dan bagi kalian yang memiliki untuk mengambil jurusan kedokteran gigi harus lebih jeli untuk mengetahui persyaratannya. Terlebih dari jumlah yang tersedia di tahun ini, total daya tampung prodi kedokteran pada SBMPTN 2022 hanya sekitar 2.324 saja. Hal ini tentu membuat para peminat tetap berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di pendidikan ini.

Baca juga :  Berikut Nilai Minimum untuk Masuk Fakultas Kedokteran di 7 Perguruan Tinggi Top

Oleh karena itu, bagi kalian para calon mahasiswa yang memiliki cita-cita untuk menjadi dokter gigi. Jangan lupakan hal-hal yang harus kalian perhatikan terlebih dahulu sebelum masuk ya. Cari tahu dulu persyaratan apa saja yang ada, serta Perguruan Tinggi mana yang memiliki persaingan tidak terlalu berat.

Baca juga, Sejarah Lahirnya Ilmu Kedokteran

Karena itu bisa membantu kalian dalam mengikuti tes SBMPTN ataupun undangan yang harus kalian hadapi sebelom resmi menjadi calon mahasiswa fakultas ini. Dan tentu, persiapkan biaya perkuliahan yang harus dikeluarkan, itu harus!

Jika kalian ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan. Jangan lupa untuk sampaikan langsung di kolom komen yang tertera di bawah ya!

Dan juga, jika ingin tahu lebih dalam mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kedokteran. Kalian bisa langsung cek ke Bimbel Kedokteran dan hubungi kami di 085810779967  atau bisa langsung kontak di Head Office dengan no. 021-77844897, setiap hari Senin-Jum’at pada pukul 09.00 – 17.00 WIB. Kalian juga bisa kunjungi Latis Privat  bagi kalian yang sedang ingin mencari tutor-tuto asyik dengan materi yang tak kalah seru!

Referensi: Fakultaskedokteranf; Rekerja; sindonews

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.