bimbel kedokteran terbaik

Ekosistem dan Interaksi Organisme : Biologi UTBK

Ekosistem dan interaksi organisme

Ekosistem dan interaksi organisme sangatlah luas. Dalam hal ini, ekosistem merupakan sistem ekologi yang terbentuk atas interaksi (hubungan timbal balik) antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Soal dan Pembahasan Ekosistem dan Interaksi Organisme

  1. Energi utama dalam suatu ekosistem yang merupakan komponen abiotik adalah ….
  2. Berat total populasi ditunjukkan oleh piramida ….
  3. Puncak piramida makanan terdiri dari ….
  4. Berikut ini yang merupakan produsen adalah ….
  5. Dalam ekosistem air kolam, ganggang merupakan ….

Pembahasan

  1. Komponen biotik adalah unsur makhluk hidup dalam ekosistem. Contoh komponen biotik adalah tanaman, hewan, dan manusia. Sedangkan komponen abiotik berkebalikan dengan komponen biotik. Jadi komponen abiotik adalah komponen di luar makhluk hidup dalam ekosistem. Contohnya adalah batu, angin, air, dan lainnya.
  2. Piramida dalam sebuah ekosistem terdiri atas piramida energi, biomassa, dan total populasi. Dengan demikian untuk menunjukkan jumlah populasi maka piramida yang digunakan adalah piramida total populasi, sedangkan untuk berat total populasi adalah piramida massa.
  3. Piramida makanan tersusun atas produsen, konsumen tingkat satu, konsumen tingkat dua, konsumen tingkat tiga, dan pengurai. Jadi puncak piramida adalah konsumen tingkat tiga atau tersier.
  4. Jenis-jenis makhluk hidup yang berperan sebagai produsen umumnya adalah yang dapat membuat makanan sendiri. Contohnya adalah segala jenis tumbuhan.
  5. Ekosistem yang ada di air kolam mencakup ikan, ganggang, lumut, katak, dan sebagainya. Tanpa sadar makhluk hidup di dalam kolam memakan ganggang dan lumut yang artinya produsen di dalam kolam itu adalah ganggang dan lumut. Ikan sebagai konsumen tingkat satu dan kucing sebagai konsumen tingkat dua atau sekunder.

Apa Itu Ekosistem dan Interaksi Organisme?

aekosistem dan interaksi makhluk hidup
ulat bulu dan tanaman

Dalam sebuah lingkungan yang mana terjadi hubungan timbal balik antara satu makhluk hidup dengan lingkungan maupun makhluk hidup lainnya akan membentuk interaksi.

Baca juga :  Kesetimbangan Kimia : Kimia UTBK

Interaksi ini ada yang menguntungkan dan ada pula yang tidak. Jika sama-sama untung maka dikenal sebagai Simbiosis Mutualisme. Ketika yang satu dirugikan dan yang satunya diuntungkan, maka termasuk Simbiosis Parasitisme. Apabila satu makhluk hidup tidak rugi namun salah satunya justru mendapat keuntungan maka disebut Simbiosis Komensalisme.

Contoh Soal dan Pembahasan

keanekaragaman dan klasifikasi makhluk hidup
Ekosistem

1. Contoh saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik adalah ….

Jawaban: Cacing dan tanah saling membutuhkan satu sama lain. Cacing banyak mendapatkan unsur hara dari tanah demikian sebalikny. Namun kita tidak dapat mengatakan ini sebuah mutualisme karena interaksi yang terjadi adalah antara makhluk hidup dengan makhluk tidak hidup.

2. Peristiwa makan dan dimakan pada tingkatan tertentu disebut ….

Jawaban: Rantai makanan. Urutan memakan dan dimakan masuk dalam rantai makaan sedangkan piramida makanan menggambarkan tingkatannya.

3. Makhluk hidup yang menerima energi paling besar adalah ….

Jawaban: Konsumen tersier. Makhluk hidup memakan sesuatu dan mendapatkan kandungan gizi serta energi di dalamnya. Semakin beragam apa yang dimakan makhluk hidup, maka energinya semakin besar. Itulah sebabnya konsumen tersier menjadi bagian yang memperoleh energi terbanyak sebagai tumpukan dari produsen, konsumen primer, dan konsumen sekunder.

Nah, itu dia pembahasan Ekosistem dan Interaksi Organisme. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526  atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. bimbel-kedokteran.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

1 thought on “Ekosistem dan Interaksi Organisme : Biologi UTBK”

  1. Pingback: tumbuhan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Bimbel Kedokteran.com ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Kedokteran kepada tim kami.